Chici Fitriyanti Angraeni Abdulfattah


April 04, 2013

Aku dan Alam = Satu

Haloo Redears,...
2 hari aku terkapar di kamar kos... dikarenakan kaki ku linu, susah digerakan, mau jalan kakinya gemeter...

ya gimana engga...3 hari kamrin 29-31 maret saya  habis hiking ke Gunung Tampomas Sumedang
ada kegiatan LMD168...

subhanaallah medannya ajibb tapi aku tau itu belum seberapa, karna hikingnya pun ga sampe puncak... masih di bilang masih dibawah banget...

tapi sudah bikin aku ngos-ngosan... beginilah efek tidak persiapan dulu, olaraga atau latihan fisik lainnya..

banyak sekali pelajaran yang ingin kubagi...
mulai aku jadi hansip desa, jadi kuli panggul, dan jadi tukang ojek... ^^
penasaran kan?

seperti yang dikutip dari ceramahnya aa gym, "Allah sudah mengaturnya, sudah kehendak Allah semuanya terjadi, pasti ada hikmah dibalik setap kejadian"

dan ternyata benar, banyak sekali pelajaran yang saya dapat...

kamis 28 march 2013
pulang magang dari RSAI tiba-tiba dapat sms dari sri salah satu temen sewaktu LMD 167 lalu..
"teh, mabit di astri kan malam ini? bsk jadi brangkat pagi kan?"
sungguh ini sempat bigung dengan sms sri tiba-tiba ngajak mabit ada apa?
jadi memang sudah dari 1 bulan yang lalu prepare bahwa tgl 29-31 ada acara LMD 168 LMD adalah singkatan dari Latihan Mujahid Dakwah yang di selenggarakan oleh yayasan mesjid Salman ITB Bandung
tapi saat mau dekat hari H saya tidak dpt jarkoman lagi, alasan para penjarkom bahwa no saya tidak terdaftar kemungkinan karna belum confirm.. beuuuhh.. ya sudahlah tak apa toh Allah sudah berkehendak memberitauku melalui teman lain ^^

singkat cerita hari kamis ini saya sudah janji dengan beberapa teman kosan untuk mabit di Daarut Tauhid pesantren aa gym.... menghadiri majelis ilmu ceramahnya aa gym..

packing-packing perlengkaan selama 3 hari nanti disumedang tampomas,
 setelah dipikir sepertinya saya tak bisa ikut mabit bersama saudara-saudaraku ini di DT hanya bisa sampe jam 9malam lalu lanjut harus ke salman ITB karna bsk pagi harus segera berangkat ke sumedang Subhanaallah sebenarnya ya entah dari mana datang energi yang luar biasa ini...

Allah memang sudah menuliskan kamu harus kesini, kesini, lalu kesini...
kalo bicara logic, pasti badan sudah bener-bener mengibarkan bendera putih sambil demo "hooiiii gw cape, bisa ga lo istirahat dulu"

tapi ????
bukan itu yang tejadi, malah 2 kali lipat badan ini bergerak gesit...
si rambo (sahabat sejati #motor tersayang) yang terpaikir cantik di garasi kosan.. langsung  tancappp dan dalam hati "ayo rambo waktunya kita mendatngi majelis-majelis ilmu, inget motto kita terus belajar.. belajar dan belajar..."

40 menit perjalanan ke DT alhamdulillah tidak telat.. ceramah aa gym baru mau dimulai...
posisi duduk ternyata dibelakang ada teh nini(istrinya aa gym).

catatan dari ceramah aa gym :
"sibukan diri dengan mengatur hati,memperbaiki diri untuk dipandang Allah, bukan untuk dipandang manusia" -aa gym-

"semakin kuat rasa memiliki, akan semakin tidak sabar" aa gym

"jangan sibuk mencari muka didepan orang, jangan sibuk membuat orang tertarik, toh Alllah yang Maha membolak-balikan hati" aa gym

"Bila ada orang yang tidak baik ke kita, tetap saja berbuat baik, kenapa? apa biar nanti dia baik ke kita?
Oh bukan biar kita dilihat oleh Allah" aa gym

itu beberapa kata-kata yang jlepppp nyussss banget dihati...

ada 1 lagi ceramah yang membuat saya merasa benar-benar malu,
"coba dipikirkan kembali pernah tidak Allah sehari saja tidak mengurus kita?
jawabannya : Allah pasti setiap hari setiap jam, menit, detik pasti mengurus kita...
bayangkan saja bila Allah berhenti mengurus kita Dna-Dna dalam tubuh berhenti berputar, makanan yang di makan berhenti saja ditenggorangkan apa yang bisa kita perbuat?
Kaki mu yang bisa kau gerakan dengan leluasa, Tangan mu yang bisa kau pakai menulis, mata yang bisa kau kedipkan, kamu pikir yang mengurusnya siapa kalo bukan Allah
bagaimana kalo Allah sudah tidak mau mengurusmu, mata mu tak bisa dikedip, tidak bisa dibuka lagi, karna Allah cape ... ga pernah kan Allah mengatakan saya cape mengurus hambaku... sama sekali tak pernah....

Allah bahkan begitu sibuk, bukan cuma kita saja yang diurus, seluruh manusia dilangit dan dibumi ,diakhirat.. semuanya Allah yang urus, tumbuhan, hewan, bintang, bahkan setetes air yang jatuh dari daun pun Allah yang mengatur... semuanya....

Lantas kenapa kita juga masih diam berleha-leha dan mengatakan aduhhh cape,,,
seharusnya kita beribu-ribu kali lipat membalas kebaikan Allah...
tapi apa? Allah tak menuntut banyak Dia hanya meminta kita menyembahNya mengikuti semua perintahNya , perintah-perintaNya pun untuk kebaikan kita, menjauhi laranganNya, laranga-larangnNya pun untuk kebaikan kita....
Apa lagi ???

"Nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan?" (Qs.Ar-Rahman)

tak terasa mata air mengalir lembut halus, bukan hanya menembus membasahi kulit, tapi hati... hati ini teduh, bahkan ini merupakan tamparan yang dashyat ...
selama ini aku pun tak sadar, bagaimana baiknya Allah, bagaimana Dia memberikanku Hidayah,... bagaimana sayang Allah terhadapku, kalo pun Dia ingin menyesatkanku itu bisa saja, tapi apa? Allah menunjukanku CahayaNya, JalanNya, Jalan islamNya, Dia mengenalku dengan orang tua yang luar biasa, dengan sahabat dan kerabat agar aku bisa belajar dari mereka..

saat itu aku hanya bisa tertunduk malu...
sungguh malu....
malam itu... aku mulai paham...
ya Rabb... aku ingin belajar.. terus belajar... aku ingin berlari mengejar ketertinggalan diri....

bantu.. bantu aku... bantu aku Allah... bantu aku untuk terus dekat denganMu, bantu aku agar aku bisa tau bagaimana harus membalas segala kebaikaMu, bantu aku, bantu aku Allah agar tau bagaimana seharusnya berterima kasih padaMu...

air mata sebanyak apapun ... isakan tangisan yang se-manyitkan apapun aku tau tak bisa membayar segala dosa dan aib-aib ku...
aku tau aku tak pantas memasuki surgaMu,
tapi ya Allah, aku pun tak sanggup masuk dalam neraka jahanamMu...
--------------------
tak terasa jam sudah menunjukan 21.00
sudah waktunya saya ke asrama putri salman, dan rapat LMD di GSG E
nah itu sesuatu sekali saya bertemu 2 bocah yang baik nian ^^
santri DT yang membantu saya agar rambo bisa keluar dari parkiran yang super duper padat..
terima kasih adik-adik kecil ^^ semoga Allah membalas kebaikan kalian..

-----------------------------
@mesjid Salman Bandung
ternyata rapat sudah dimulai dari jam 19.00
mau gimana lagi saya sudah janji duluan dengan teman.. harus tepatin janji pertama terlebih dahulu^^
ikut rapat sampe jam 10 malam.. pembahasan tekniks lapangan dan pemberangkatan peserta...
lalu mabit di asrama putri salman

paginya setelah mendata ulang peserta LMD168  semuanya bergerak menuju sumedang desa padasar gunung tampomas..
dan berat hati sebneranya meninggalkan rambo di basement salman... 3 hari ditinggalakn nanti ^^ 'afwan ya mbo >.<

hari 1
saya jadi hansip... jagain POS as Balai Desa..
dikarenakan semua tidak ada yang mau... ya sudah harus ada yang mengalah jadinya aku jaga POS bersama  mia...
sampe ba da isya datangnya 2 orang ikhwan... karna ga boleh tinggal se atap yang akhwat alhamdulillah ga tidur di balai desa tapi bisa numpang di rumah warga sekitar...  ^^ ooo jadi begini rasanya jadi hansip.. haha

hari 2
saya jadi kuli panggul...
yeee jangan salah kuli panggulnya bukan kuli panggul biasa seperti di pasar.. tapi ini kuli panggul gunung...
jadi kita harus membawa makanan peserta ke tempat camp..
nah campnya itu diatas gunung... harus melawati jalan yang terjal dan sangat mengandalkan kaki... agak mendaki,..
jujur ane ga kuat..
saya ditugasi bawa "ACAR"  ituloh sayur acar yang isinya ada wortel, dsb isinya ada 1 trash bag... emang sih agak ringan di banding 2 ikhwan yang bawa 2 kantong trash bag yang isinya nasi... ada sekitar 70 nasi.. ya Allah bisa kebayang beratnya gimana...
ane menyerah... ditengah jalan ane ga kuat bawa kantong yang isinya ACAR karna  kasihan kali ya mereka lihat saya sudah ngos-ngosan... akhirnya acarnya diambil dan dibawa oleh mereka...

hari 3
saya jadi tukang ojek...
dan jangan salah saya bukan tukang ojek biasa yang nganter penumpang... ini tukang ojek special nganternya makanan prasmanan yang isinya 2 bakul nasi gede-gede, seloyang ayam , seloyang mie hun, seloyang daun singkong.. dan 1 bakul piring..
Subhanaallah... ^^  bukan cuma itu lagi... kondisi cuaca saat itu hujan deras... ya saat ngangkut2 saya mengenakan ponco begitu juga teman 2 orang teman dan ibu2 yang masak ^^ dan semuanya perempuan...
perempuan harus kuat... strong ...
seneng banget lah... hihiiih

oo ya hampir lupa....
aku suka ini materi yang kudapat dari abah iwan, mau tau tntang abah ini link resminya http://www.abahiwan.com/about/
abah ini seoang pencipta lagu yang berjudul burung camar, mentari itu loh lagu populer jaman dulu itu...
abah mengajarkan kita bagaimana seharusnya kita berterima kasih kepada tumbuhan-tumbuhan disekitar hutan...
oksigen yang dihirup,... itu hasil dari fotosintesis tumbuhan...
abah banyak memberi kita pelajaran yang berharga bukan akdemik, tapi bagaimana seharusnya kita hidup...
bagaimana seharus kita berterima kasih ^^
terima kasih abah iwan atas semua ilmunnya ^^

sungguh 3 hari yang sangat berharga memberikan banyak pelajaran...
karna memang saya suka sekali dengan alam, dengan dinginnya hutan, dengan pinus... banyak pinus di tampomas, suka dengan mata air yang segar yang ada di hutan.. suka dengan suara-suara burung dihutan.. suka dengan buah berry.. ya jajananku saat dihutan..
suka dengan pemandangnnya
suka dengan gelapnya malam di hutan...
suka dengan nyala api disaat semuanya melingkar demi mendapatkan kehangatan darinya..
suka dengan jejak-jeka kaki, lampur yang bercorak-corak di kaos kaki,
suka tidur berlapis sleeping bag...
suka dengan napas yang kelelahan...
dengan kaki yang gemetar saat tak bisa lagi berjalan..
aku suka terlalu suka dengan alam..

Gg.Tampomas
desa padasari,
kec,cimalaka sumedang
29-31 march 2013
ditulis 04 april 2013 ^^
~C~























0 comments:

Posting Komentar