Chici Fitriyanti Angraeni Abdulfattah


Desember 31, 2013

Bagi orang2 yang penuh rasa sabar, apa2 yang dia biarkan pergi, segala sesuatu yang dia lepaskan, ihklas, tulus, maka akan datang pengganti yang lebih baginya.

Selalu begitu. Tidak akan keliru.

*Tere Liye

Desember 30, 2013

Sang Pencipta




ga akan terlupakan tidur beratapkan bintang dan beralaskan pasir yang dingin

sholat subuh diatas kemiringan, dekat dengan Sang Pencipta

akan terekam dengan jelas di memori


#Summit #puncak #Mahameru #3676Mdpl
26 Desember 2013






Chici F A Abdulfattah
30 desember 2013


#belajar #bersyukur

Allah duniaMu begitu indah,
bagaimana dengan Surga yang Kau janjikan?
ya Allah ajarkan aku untuk terus belajar memaknai hidup lebih bijak


Desember 16, 2013

Dari yang merindukanmu

Aku ingin belajar banyak hal...

Aku ingin melihat banyak hal...

Aku ingin melakukan banyak hal...



Kamu tuntun aku ya

tuntun aku untuk bisa mengerti

tuntun aku untuk melangkah

tuntun aku untuk berbuat banyak



Aku percaya kamu diciptakan Tuhan untukku
dan aku diciptakan Tuhan untukmu...


hanya saja kita belum bertemu sekarang...

ada waktunya

Tuhan sedang mempersiapkan waktu yang tepat untuk kita..

dari yang merindukanmu,



Chici F A Abdulfattah
Bandung, 16 Desember 2013

Desember 11, 2013

SAJAK KATA





km pernah ga ketemu sama orang,
yang sekali dia berkata kamu langsung skakmate!

karena yang dikatakanya  terlalu nyata dengan keadaanmu.

kesal?

ya, tentu kesal

tapi aku coba membuka pikiran
berpikir lebih bijak

orang ini terlalu cerdas menurutku,
bahkan dia seperti bisa mengendalikan keadaan sekitar hanya dengan kata

hebat?

ya hebat menurutku,

orang yang  cerdas  bermain kata, karena dia banyak melihat yang belum sempat dilihat orang lain,

orang yg cerdas mengolah kata , karena dia banyak merasakan hal yang belum sempat dirasakan orang lain,

orang yang cerdas menuliskan kata, karena dia banyak mengambil pelajaran dari kehidupannya dan kehidupan orang lain.



Chici F A Abdulfattah
Badung, 12.12.2013

Tugas Akhir



-Chici F A Abdulfattah-

Bandung, 12 Desember 2013

Desember 05, 2013

Plawangan Sembalun Rinjani

Plawangan Sembalun Gg.Rinjani 3 November 2013


Senja yang tak terlupakan, 

Warna merah yang bercampur dengan gelap

Hanya ada angin, ketenangan dan keindahan

Kini Matahari mulai turun di sela tebing-tebing tinggi, 

Memancarkan berjuta keindahan diatas danau sagara anak

Rasa kagum bercampur dengan syukur untuk Sang pemilik Keindahan

Menumbuhkan cinta,
 rinjani engkau begitu indah 

Langit merahmu mengundang kekaguman,

Kepulan awanmu menyejukan jiwa

Sagara anakmu, memikat hati

Rinjani aku merindukanmu, 
rindu dengan segala keindahan yang kau miliki

Rindu dengan bukit yang bertumpuk-tumpuk,

Rindu dengan bebatuan yang bertebaran,

Rindu dengan dingin yang menyejukan jiwa, 

Tak akan pernah ku lupa senja yang yang kau pancarkan,

Tak akan ku lupa bisikan-bisikan angin

Seakan kau berbicara “kini, sedikit kenekadan membuatmu lebih berani menjalani kehidupan…”

Aku cinta padamu rinjani, 

Dalam keindahan senja plawanganmu,
 aku memahami banyak hal tentang hidup.




Chici F A Abdulfattah

Bandung , 6 Desember 2013

Desember 01, 2013

Wish

Oh Allah, Please make me strong to complete my final project

~C~

November 30, 2013

Short Term Dream in December



Welcome December....
in a white paper...
im write many dream,
 i wanna do in this month...
hope everything be come true..

~C~

November 20, 2013

Untuk pangeran berkuda putihku….


Salam rindu untukmu..

Sedang apakah kau diujung dunia sana?

Dengan diam ku, tak pernah ku lupa untuk selalu mendoakanmu agar segala aktivitasmu penuh berkah..

Semoga kelak kita dipertemukan di waktu yang tepat yah…

Kamu tahu, aku disini sedang banyak belajar…

Aku mempersiapakan diri sebelum pertemuan kita…

Aku sedang belajar bagaimana nanti bisa menjadi istri dan ibu ya penuh cinta dengan lemah lembutnya..

Bagaimana denganmu?

Apakah kau pun begitu?

Wahai calon imamku… kita mungkin tak saling bersapa dan tertawa bersama sekarang…

Tapi percayalah akan ada saat kita dipertemukan ketika kita sudah sama-sama siap membangun cinta…

Kita jalani saja hidup kita sekarang, perbanyak ilmu dan terus belajar

aku selalu mendoakan yang terbaik untukmu dari sini..

Salam rindu selalu untukmu

-C-




Untuk kamu yang tak pernah ku tahu namamu..

Untuk kamu tak pernah ku tau bentuk rupamu…

Untuk kamu yang tak pernah ku tahu suaramu

Untuk kamu yang tak pernah ku tau sifatmu..

Tapi aku yakin Allah pasti memilihkan yang terbaik…


November 19, 2013

Story of me Part 7 " BALI im here...... ^_^"



Sabar itu ya sabar ga ada batasnya.. tetap terus saja sabar…
Orang yang mengatakan “saya punya batas kesabaran” ya berarti dia tidak sabar….
Karena sabar akan terus sabar  tak ada batasanya..

00.00am WITA

Dan kita masih di terminal UBUNG!!! Mana jemputannyaaaa ……

Aku : kita kemana abis ini? Dijemput jam berapa? Aku nanya ke siapa aja yang denger

Sugenk : ga tau Tanya aja arda jawab sugenk jutek. Dijemput jam 7 pagi…

Aku : what???? Ga salah apa, trus kita ngemper kayak gini di terminal #gerutu ku dalam hati

Ok fine aku seneng banget sampe Bali bahkan terlalu seneng.. tapi ga gini juga kaleee keadaanya… mamaaaaaaaaa >.<

Si sugenk sempat marah disini… seriusan ni anak serem juga kalo marah, padahal dari kemarin sehat walafiat ga suka marah.. baru kali ini liat orang yang ga biasa marah trus marah… seriusan serem banget.. aku aja ga berani liat, ga berani nanya-nanya dieemmm aja… apalagi wita diam seribu kata..

Aku sama wita dah ngantuk banget dan aku lapar.. ini lah penyakit malam yang sulit diatasi, kalo diatas jam 12 malam belum tidur pasti lapar tiba-tiba dan diterminal hampir semua tempat makan tutup…

Si arda malah cuek bebek dia langsung nyari kursi trus tidur…#hedeehhh

 Aku searching google aja buat netralisir sebel… eh tiba-tiba kepikiran kenapa kita ga nunggu di MCD or KFC aja kan itu 24jam … setidaknya tempatnya lebih safety, lebih bersih, lebih enak buat nongkrong dan bisa makan sambil nunggu jemputan jam 7 pagi nanti dari pada di terminal coba.. ya ampun keadaan sekitar ga aman banget…

Akhirnya aku searching mcd yang terdekat ada di daerah kebo iwa karena berhubung si arda tidur ga berani banguninnya.. mau nyuruh sugenk aduuhh ga berani juga lagi jutek..

wita yang  ngantuk-ngantuk juga takut bangunin apalagi aku.. ya ampun ga berani lah ngomong.. suasanya lagi ga enak banget.. kondisi semua lagi pada capek dan malas, kalo ditambah ada yang rewel trus ribet udah itu kena semprotan pasti.. jadi mending diem aja >.< #serba salah

Akhirnya wita berani ngebangunin arda dan bilang mending nunggu di MCD sekitar 10menit kita naik taksi ke MCD kebo iwa biaya taksi 40ribu seharusnya ya kalo pake argo paling cuma 20ribu tapi berhubung kondisinya urgent ya ga apa lah…

Nah akhirnya sampe MCD juga… baru kali ini aku ngerasain ga punya tempat persinggahan.
tidur ,makan, ngecharge, popoko,pepito, semua di MCD serasa terlantar.. #agak lebay dikit hehehe

Buat cairin suasana aku ngasih ide main poker, biar wajah-wajah jutek pada kembali normal.. habis liat mereka pada jutek banget semuanya #serem hehee

hahaha nah kan apa aku bilang cair lagi suasananya jadi ketawa-ketiwi haha -hihi lagi kan… karena udah lumayan enak kondisinya aku milih istirahat.
aku, wita, arda tidur dengan posisi duduk di meja MCD.. ga tau deh dah berapa lama ketidurannya.. sampe ada pelanggan yang teriak “woii bangun sahurrr”

pas liat jam ternyata dah jam 5 aja… nyari tempat sholat.. dan aku lupa ini ternyata BALI ga gampang nyari mushola dibali.. susah!!!
Beruntungnya kita adalah MCD ini depan pom bensin, pas di cek pom bensinnya nyediain mushola kecil.

-----------|||||||------------

Janjian sama yang nyarter mobil jam 7 pagi.. dan akhirnya datang juga ^_^

Waktunya menjelajah BALIIIII….
Yang pertama kita cari adalah homestay… kita cari daerah deket kampus udayana… luamayan murah karena sharing cost dan harganya relative dari 100-200ribu tergantung fasilitasnya juga…

Aku dan wita milih kamar yang harga 180ribu karna tinggal itu yang kosong, fasilitasnya juga lumayan, kamar mandi dalam, ada AC, dan TV.

Kita sempat tertidur pulas karena saking capenya  dan telat jalan,  si arda sama sugenk sempat marah-marah juga #maap ya maklum ketiduran..
gwk bali


RUTE 1 GWK (Garuda Wisnu Kencana)
kita milih ke GWK disana ada patung garuda gedeeeee banget sama ada tebing-tebing yang tinggi.. plus disana panas banget dan ramai…
sebenarnya sih biasa aja GWK tuh tapi koq ramai banget… >.< aku pun bingung..
harga msuk gwk 40ribu/org




deburan ombak nusa dua bali


RUTE 2 NUSA DUA BALI…


Ke nusa dua liat deburan ombak yang keluar dari cela-cela karang… tapi sayang ombaknya pas kita datang ga gede… jadinya ga terlalu wow… dan suasana di nusa dua tetap sama panasnya pooolllll


RUTE 3 ULUWATU BALI

Nah ini dia yang keren… rencana awal kita pengen lihat tari kecak cak itu loh.. tapi kita kehabisan tiket, dan yang kedua harganya 70ribu jadinya kita ga nonton deh…

Di uluwatu cantik banget, view tebing-tebing tinggi trus dibawahnya ombak laut itu keren banget… apalagi hari mulai sore, sunset uluwatu bali  ga akan terlupakan deh…

kita jalan sampe ke bagian tinggi tebing selama perjalanan banyak monyet-monyet nangkring… 
iii lucu banget sempat ngasih makan monyet, trus ada foto pas aku sama monyetnya lagi senyum… tapi fotonya ada di kamera si arda belum dapat nanti lah ya di update blognya kalo foto dah dapat…

Monyet-monyet disini rada iseng, jadi hati-hati yah,  kalo bawa barang pribadi mending taruh tas, karena cepet banget mereka bisa ngambil barang-barang kalian trus dibawah pergi… kejadian tuh salah satu turis dari jepang topinya diambil monyet pas banget didepan mata…ooo iya harga tiket masuk ke uluwatu 15ribu.. perjalanannya lumayan jauh kalo dari nusa dua…


sunset uluwatu bali
sunset uluwatu bali

Sunset di uluwatu bali cantik banget…

Dari uluwatu kita rencana mau cari makan malam ke pantai jimbaran.. tapi karena aku ngidam makan duren.. dan pas banget lewat ada yang jualan duren mampir dulu makan duren….

Akhirnya ngidamnya kesampaian juga.. 1 duren harganya 40ribu kita beli 3 dikorting jadi 110ribu.. seru ini makan durennya rebutan… nah paling enak gini nih jalan sama temen yang pecinta makan duren juga… kalo ajak mba maulida udah pasti itu dah mual-mual sama bau durennya… hehehe

kamu tau ga redears entah kenapa aku paling suka itu makan bareng trus rebutan... ada kenikmatan sendiri yang ga bisa diungkapkan... ^-^ #aku suka , seneng hehehe

Disini ada hal kocak, gara-gara aku maksa mau nawar harga duren jadi 100ribu  si ibu yang jualan duren akhirnya mengeluarkan jurus pamungkas, dia bilang gini “mba mau ga sama jodohin sama ade saya?"
" Enak loh tinggal di bali…”  kata ibu penjual duren  #Gubraxx woalah… bu aduuuhhhh

Aku balas becandaan lagi “ kalo tiap hari bisa makan duren gratis, kayaknya bisa dipertimbangkan bu” haha

Akhirnya ngidam makan duren terealisasikan juga… ^-^ yuhuuuu

-----------|||||||------------

Kita lanjutin kuliner karena berhubung udah kelaperan, menuju pantai jimbaran gekko restoran…

Seriusan kawan ini tempat ini romantic banget  buat dinner… 
viewnya malam pantai jimbaran itu penuh cahaya lilin angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang bikin suasananya kena banget ditambah ada seniman restoran sekumpulan bapak-bapak paruh baya dengan membawa alat musik, biola,gitas, viola, harmonika, mereka seperti grup band jaman 80an.. tapi suaranya tak kalah dengan penyanyi-penyanyi ternama... mereka mengeliling setiap meja yang terisi pelanggan dan menendangkan lagu yang sesuai dengan pelanggan, seperti waktu itu ada tourist dari cina, mereka menyanyikan lagu cina, dan di depan meja kita ada tourist dari jepang, mereka menyanyikan lagu jepang...

dan saatnya giliran meja kita mereka menyanyikan lagunya mmmm aduhh maap aku lupa lagunya crusye, iwan fals, apa pance yah.. pokonya lagu jadul tapi keren banget.... ^-^ hehe

dalam hatiku “suatu saat kalo diberi kesempatan lagi dimasa depan ke bali lagi, pengenya bareng si pangeran berkuda putih  kesini, ngabisin waktu berdua romantic banget >.<” #nah kan mulai ngawur lagi…

Pantai jimbaran bali ga akan terlupakan deh suasananya… indah banget seriusan!!!

Tapi memang harganya lumayan high disini makanan paketan dari makanan pembuka sampe penutup emang disajikan dengan lumayan keren juga.. makanan pembuka : ada soup asparagus, dilanjutkan dengan 1 bakul nasi putih anget, dan 1 paket ikan bakar, kerang,cumi, dan udang serta sambel yang maknyos, dessertnya ada buah semangka dan melon.. 1 paket ini bisa kamu nikmati dengan harga 75ribu…




Emang untuk ukuran mahasiswa seperti saya ini tergolong makan besarrrrr mewaahhhh… yaiyalah haha orang biasa di kosan makan tempe ,tahu, mie kuah dll.. hahahaha..

Tapi jamin deh suasananya itu ga akan bisa kamu dapetin kalo bukan di pantai jimbaran bali.... ^_^

kita lanjutkan perjalanan ke pantai kuta …disini aku sempat kesel karena aku belum sholat magrib dan isya memang niat awalnya mau di jamak takhir.. tapi sayang sekali sebagus-bagusnya resto itu ga ada musholanya… fiiiuuhhhh.. 
tadinya mau pulang dulu ke homestay tapi karena jauh, kita nyari SPBU eh ga taunya ga semua SPBU menyediakan mushola…

aku mulai ga nyaman… udah pasang tampang bĂȘte aja… aku ga suka kalo mau jalan-jalan tapi tugas utamanya belum terlaksana serasa ada yang kejer-kejer ga betah, ga nyaman kalo belum sholat…

aku diam seribu bahasa aja dimobil malas nanggepin pembicaraan dan aku niatkan sholat duduk didalam mobil sembari nyampe di pantai kuta…

diperjalanan aku sama wita ketiduran dimobil karena saking ngantuknya.. sampai ga sadar kalo udah nyampe dipantai kuta… aku sholat dulu jamak takhir isya dan magrib..

kita duduk-duduk aja di pantai kuta sambil liatin bulan… bulannya cantik sekali… seriusan walaupun gelap malam hari… pantai kuta tetap terlihat cantik dibawah sinar bulan #halah apa sih sok puitis haha

karena hujan kita ga lama disini hanya duduk sebentar.. nah ini dia yang bikin aku sama wita terbelalak ternyata ada kehidupan malam yang sangat-sangat weird di bali  #tapi kalo bagi orang lain mungkin biasa aja, tapi bagiku ini pertamanya ngeliat yang begini...

kita melewati legian beach… sepanjang jalan yang isinya CLUB Malam tempat ajojing … jalan legian beach ini bisa dipake buat keadaaran lalu-lalang dan sepanjang jalan semuanya itu tempat ajeb-ajeb… ngeliat pemandangan yang serem dari dalam mobil….

Aku sama wita ga berenti koment pas liat ada yah dunia malam yang kayak gini… biasanya yang sepengetahuan aku tempat-tempat ajeb-ajeb gitu disuatu tempat tertutup gitu.. ga terbuka kayak gini...

udah kayak pasar pagi aja... tapi bedanya kalo dipasar pada jualan ikan, sayur, ini pada jualan entah apapun itu .. tauuu ahk gelap dan ga mau tau!!

Tapi di BALI  Legian Beach!! Itu BEDAAAA!!!
sepanjang jalan  penuh manusia-manusia penuh bule-bule wanita-wanita berpakaian mini yang entah itu ga malu apa yah !!

Kita melewati monument yang tempat terjadinya bom bali… aku melihat dari dalam mobil tidak terlalu jelas juga batu pusara besar bertuliskan nama-nama orang yang meninggal saat bom bali..

Yang dibingungkan tempat ini pernah terjadi bom.. koq mau-maunya orang-orang ini masih bertingkah kayak gini… haduuuhh memang deh, entah apa yang ada dipikiran mereka…!!!

Melihat hal yang ga pernah aku lihat, tapi ini yang paling serem dari edisi long trip ini…

Tapi ini jadi pelajaran juga, jadi pengetahuan kita ga hanya di dunia yang serba putih… ternyata ada juga dunia malam hitam pekat dan menyeramkan kayak gini…..

Aku sama wita sempat becandaan

aku : “” wit, gimana kalo kita ngaji disini pake speaker gede…”

wita :”iya ya ci, mungkin mereka akan teriak.. panassss.panasss..”

semua pun ketawa dengernya,… hahaa..

perjalanan pun diakhiri disini…

aku terlalu ngantuk dan terlelap dimobil.. sampai di homestay aku sholat lagi… bersih-bersih lalu tidur..



LAST DAY- BALI….

10 november 2013

pesawat take off jam 13.45

jadi kita sempatkan belanja dulu di krisna pusat ole-ole bali

harga disni beragam dan masih standar lah untuk harga ole-ole…

yang pasti kalo ke bali jangan lupa kacang bali.. itu wajib banget untuk dibawah pulang

selamat tinggal bali.. aku pasti akan kembali lagi dimasa depan.. ..^_^

Bandara International Ngurah rai Denpasar Bali

-The End-

Perjalanan pun ditutup disini,
tapi cerita-cerita yang dimulai tak akan ada batas akhir.. itu akan terus ada dalam memori…

tersimpan indah dan menimbulkan sejuta rindu kelak…

November 18, 2013

Kisah Seorang Porter Gunung Rinjani

Kisah Seorang Porter Gunung Rinjani ini yang terkenal dengan kekuatannya, kesigapannya, dan keramahannya di seantero pendaki. Tidak seperti pendaki kebanyakan, dia tidak memakai tas carrier besar. Tetapi beban yang dibawa hampir tiga kali lipat pendaki normal!


www.belantaraindonesia.org


Di usianya yang tak lagi muda, matanya masih sigap dari kejauhan mengawasi kelengkapan pendaki yang ia jaga. Urat urat muncul di kakinya yang berotot, kulitnya legam terbakar Matahari, kekuatannya dan kecepatannya yang luar biasa membuat malu pendaki pendaki muda yang terlalu bangga akan persinggahannya di tanah Dewi Anjani termasuk saya sendiri.

Dengan segala perlengkapan berat dan logistik, ia selalu berlari di depan. Bukan karena ia tidak cukup sabar menunggu klien - nya yang berjalan lambat, tetapi ia ingin memastikan saatpendaki yang ia jaga sampai di pos, tenda sudah berdiri beserta makanan dan minuman hangat sudah siap tersaji.


www.belantaraindonesia.org


Beralas sandal jepit, dengan gagahnya ia melaju bak tank perang. Hanya sebuah sarung yang melindunginya dari dinginnya cuaca pegunungan. Tak ayal, tenda yang ia gunakan hanyalah sebuah ‘bivak’ dengan terpal dan bambu.


Luar biasa, dengan segala beban itu ia tetap tersenyum. Menyapa setiap pendaki yang ia temui. Merekalah yang membuat keindahan Rinjani menjadi lebih berwarna.(copy@belantaraindonesia)

Skenario....

hanya terus berprasangka baik.. berprasangka baik dan terus berprasangka baik....
aku tak tahu ada lika-liku apa di skenario kehidupan ku mendatang...

ada cerita manis apa yang Allah persiapkan..
ada kesedihan apa yang melanda...
ada keindahan apa yang Allah tunjukan...

tapi satu hal yang selalu aku yakini,
Allah ada penulis skenario terbaik...
apa pun kisahku yang tertulis dibukuku di akhirat sana...
aku yakin itulah yang terbaik...

-C-


Sungguh hanya Allah yang Maha membolak-balikan hati manusia
selalu berdoa memohon diberikan yang terbaik.. aamiin

November 15, 2013

Cara Terbaik...

Dengan melakukan perjalanan penatku hilang....
entah ini untuk mengalihkan pikiran atau apapun itu yang jelas ini sangat membantu menetralisir hati dan pikiran...


kerena

orang yang selalu sabar selalu punya cara sendiri untuk menetralisir kepenatan...
mmm mungkin dengan perjalanan adalah cara terbaik... #everyday is holiday... ^_^


melihat banyak hal yang belum pernah aku lihat sebelumnya itu menyenangkan, sangat menyenangkan bahkan terlalu menyenangkan... beribu-ribu kali lipat menyenangkan... sungguh!!!




#random #hati #penat #obat #penawar #travelling #perjalanan #jauh

-C-



part 6 "LOMBOK HOLIDAY.... Gili Trawangan Deaaabakk!!! "

Lommmbookk Holidays ..... ^_^


Dari atas puncak anjani melihat kebesaran Tuhan 
sampai menyelam ke bawah laut gili trawangan melihat kehidupan laut yang tertata rapi...

15.00 sampai di gili trawangan… niat awal pertama kami itu mau nginep pake tenda aja di pinggir laut…
Tapi rencana berubah… kita milih cari homestay disini… dan pas banget ada bapak-bapak yang nawarin namanya pak mutar nama ibunya bu seni, kalo kalian berencana liburan ke gili rawangan aku ada no kontaknya nanti inbox FB aja kalo mau… homestaynya murah-meriah… tempatnya pun baru banget, kayaknya baru selesai dibangun.. 1 kamar harganya 100ribu aku sama wita patungan karena kita berniat nginep 2 hari di gili… akhirnya bisa mandi sepuasnya, bisa cuci baju. 

Di gili panasnya poooollllll jamin deh panasnya itu panas banget… kulit gosong dari gunung tambah gosong disini…  SPF itu sangat membantu sekali… buat kalian yang mau ke gili wajib banget buat bawa
 SPF 50-70% 

ehemmmm disini hampi rata-rata isinya bule semua… dengan pakaian yang serba mini, bahkan cuma pake daleman doank pede banget mereka jalan seliweran gitu…

yang anehnya aku sama wita yang jadi tontonan disini, entah ya mungkin mereka aneh liat kita yang serba tertutup rapat di cuaca yang sangat panas, dari ujung kepala sampe ujung kaki dipelototin…

aku sama wita cuek aja.. tapi tetep aja risih….orang yang berjilbab disini bisa diitung jari beneran deh udah berasa bukan di Indonesia … aku aja yang perempuan malu liat bule seliweran cuma pake daleman gitu.. apalagi yang cowo-cowo ngeliat pemandangan kayak gitu ya ampunnnnn aduuuhhh ampun ojannnnn >.< walah bu lek pak lek itu di tutup napa auratnya… buat kalian para cowo-cowo siap-siap jaga mata jaga hati pokoknya !!!

Kuliner time….. 

ini dia yang aku tunggu-tunggu makan-makan hehhe ^-^
Di gili ada yang namanya pasar seni… wow deabak.. makanan bertebaran dimana-mana

ALL YOU CAN EAT!!!! asal duitnya ada.. ^_^ bener deh ini tempat emang buat orang ngabisin duit holiday daah holiday… dan harga di gili high cost banget… mereka pake standar harga bule dan biasanya kalo orang lokal suka di korting harga dari harga awal di korting 5-10ribu ya beruntung lah kita orang Indonesia..


Berhubung aku duitnya pas-pasan jadi milih makanan yang biasa-biasa aja… tapi di hari pertama kita sempat cobain ikan bakar kakap merah wooowww enak nyoooo harga 1 ikannya sekitar 75-90ribu tapi bisa dibagi berdua karena gede ikannya.. itu udah termasuk nasi dan lalapan

Habis perut kenyang kita berencana keliling cari souvenir dan kaos tapi pas liat dan tanya harganya ehemmm 2 sampe 3 kali lipat harga di gili mahal.. kaos biasa aja yang tulisan i love gili harganya bisa 70-80ribu itu udah di tawar loh yah!!

Ga jadi beli deh, mending nanti cari dilombok aja kata arda sama sugenk…

Malamnya kita ke ngabisin waktu dipantai di dermaga gili.. eh ketemu sama pendaki yang kemarin dari rinjani juga.. ngobrol-ngobrol sampe jam 9 malam… karena dah merasa angin laut makin dingin kita balik ke homestay… kita cari permainan.. diajarin main poker dan samdong sama si sugenk.., seriusan aku dah ngantuk banget tapi tetep aja ikutan main… selama aku menang aku seneng aja main, tapi pas aku kalah aku malas main.. hahahah ^-^  si sugenk sama arda ga jadi tendaan mereka ikutan nyewa kamar disebelah hahaahhaa #rasain :P

Walaupun dah malam gili tetep panas… panas banget!!!


Hari ke 2 di Gili,


kita milih untuk snorkeling dan keliling gili pake sepeda… wow ini dia yang paling aku suka banget… dulu si pernah snorkeling di pangandaran dan dibunaken tapi ga seindah di gili view bawah lautnya soalnya dulu cuma dipinggir pantai… aduh beneran deh keren banget aku dikelilingi ikan… ada ikan pipih, ikan yang moncongnya panjang dan warna-warni bahkan si arda sama sugenk sempat liat penyu.. waaaaaaa



Karena berhubung aku berenang ga kebiasa pake alat snorkeling dan sepatu katak jadi aku ribet serasa ga bisa gerak dan masuk air mulu… butuh beradaptasi terlebih dahulu makenya…apalagi pas udah di tengah dan kakinya dah ga nyampe aduhh ampun deh!! serasa mau tenggelam.. coba kalo dikolam renang pasti ga kayak gitu… tapi ga akan bisa dilupakan lah itu view bawah lautnya gili trawangan

ya ampun pantainya bersih banget airnya jernih banget… cantiklah pokoknya… biaya sewa alat snorkeling 25ribu, sewa sampe jam 6sore dari pagi sewanya biar puas snorklingnya hehehe

Selesai snorkeling kita lanjutkan sepedaan berempat  keliling gili… biaya sewa sepeda beragam dari
25-50ribu ..
mampir makan mangga dulu di tepian pantai… disini mangga mahal banget 2 biji harga 30ribu tapi nikmatlah hahaha apalagi makannnya rame-rame seruu karena rebutan heheh ^_^

Kita lanjutin perjalanan… keliling gili wowwww seriusan gili tuh benr-bener eksotik banget…
 cottage-cottagenya itu loh keren-keren suatu saat pasti bisa nikmatin cottage kayak gitu… jalannya juga enak banget suasananya ini bener-bener tempat recommended banget buat liburan apalagi buat mereka yang baru pacaran setelah nikah... cocok deh gili sebagai tempat liburan.... pengen suatu saat kesini lagi bareng sipangeran berkuda... #apasihh mulai ngawur deh ini

Kita berempat mainan lempar batu dipantai dan sempat bawa pulang pasir pantai gili buat kenang-kenangan.. hehe trus lanjutin liat pemandangan sunset dan keliling pake sepeda lagi…

Di gili banyak cafĂ© sekaligus tempat buat ajeb-ajeb yang maklum hampir semua isinya bule dan disini minuman beralkohol dijual dimana-mana…

Oo ya ada yang menarik, kita nemu jajanan enak murah-meriah pas dikantong penunda lapar..   namanya pentol, jadi mirip bakso gitu trus dicocol sambel enak deh.. selama 2 hari di gili, kita pasti cari jajanan itu tiap malam hehe…

Malam terakhir di gili kita habiskan dengan duduk di tepi pantai sambil cerita-cerita dan makan es krim..

Karena dan pada ngantuk balik homestay deh trus lanjutin main poker… jiaaaaaa >.<



Hari ke 3 di Gili


05.00 abis sholat subuh aku sama wita udah janjian harus ngeliat sunrise…

Tapi telat perginya udah mau jam 6 jadi sunrisenya cuma dikit keliahatannya… tapi lumayanlah

Ada yang jualan nasi campur pagi-pagi 1 nasi campur harganya 10ribu kamu bisa pilih lauknya mau apa, ada udang,cumi,ayam,ati, dlll…

Kita balik ke homestay dan jam 9 harus udah cek out karena next trip kita BALI… yeahhh BALI…

Udah dari dulu aku pengen banget ke BALI udah dari sejak kuliah D3 dulu… pengen banget liat Bali…

Finally harinya akan segera tiba…


--------Perjalanan ke Bali penuh cerita suka dan duka----------

Seperti biasa kita nunggu kapal yang buat ke bangsal.. dari bangsal kita naik andong buat nyari taksi.. biaya naik andong sampe pangakalan taksi 15ribu

Nah ini dia baru sempat beli ole-ole… kita naik taksi menuju terminal Lombok ngejer BUS yang mau nyebrang ke Bali..

Perjalanan yang kita pilih lewat sengigi biar bisa nikmatin perjalanan… liat laut … 
seriusan keren banget pemandangannya ga sempat foto-foto soalnya dikejer waktu apalagi hari jumat si arda sama sugenk ngejer jumatan juga…

Sempatkan belanja di tempat ole-ole Lombok, aku beli kaos dan gantungan kunci sama tas kecil buat ole-ole temen kosan…

Terus lanjutin beli makanan, rengginang rumput laut, molen durian, aneka dodol rumput laut dan masih banyak lagi...  oo ya ditempat ole-ole makanan ini kamu bisa cobain semua makanan yang dijual disini GRATISSS!!!! walaupun kamu ga jadi beli hehehe
nama tempatnya kalo ga salah lestari ole-ole #bu saya bantuin promosiin nih hahaha

sampe terminal Lombok sekitar jam 15.00 biaya taksinya sekitar 150-200ribu
nah ini dia yang di luar ekspetasi biaya.. ternyata harga bus Lombok ke bali itu 180ribu/org awalnya dikira di bawah 100 harganya…

kita berangkat jam 5 sore dari terminal Lombok menuju padang bai…
dari padang bai naik kapal ferri nyebrang sekitar 3-4 jam sampe di Ubung Bali..

nah dari terminal Ubung ini kita terlantar.... serasa kayak anak ilang Jam 12 malam di terminal???

DOEEEENGGGGGG!!!! Clingak clinguk

Part 6 end
To be continue

November 14, 2013

Story of me part 5 "Welcome to Trek Senaru Rinjani"

view jalur senaru

Memang lelah.. tapi biarkan lelah itu sampai lelah mengikuti kita…..

Karena di atas sana ada mimpi-mimpi yang siap diwujudkan...


Ini dia the real climbing… ga perlu latihan climbing dipapan yang tinggi-tinggi gitu… mau ke jalur senaru ini kalian akan diforsir tenaganya.. keren banget…
tapi tetap ngos-ngosan juga ya maklum lah aku sama wita newbie dalam hal-hal begini…

Trekknya keren kita harus manjat dan aku sempat pesemis dengan tubuh kecil ku ini takut ga nyampe kakinya… ya kadang aku di ketawain sama temen-temen karena posisi saat manjat batu butuh usaha yang cukup keras… untung waktu kecil aku sering naik pohon cersen jadi mulai terlatih… hahaha #apa asihhh ga nyambung hahaha

Aku jamin deh kalian yang senang climbing pasti bakal enjoy banget di jalur senaru ini #dijamin

Perjalanan sekitar 3-5jam  sampai ke plawangan senaru… nah ini dia pemandangan yang mengesankan kayak liat karpet ijo yang terhanpar luas....

kayaknya rinjani ini memang selalu punya pesona dengan keelokannya, cantik sekali begitu anggun dan eksotik… disetiap tempat punya ketertarikanya sendiri-sendiri… kita hanya istirahat sebentar di plawangan senaru.. dan langsung menuju pos 3 senaru… ini dia aku guling-guling ditrek turunnya.. makan pasir!!!

sudah ku bilang aku lebih milih naik dari pada turun… serem kalo turun tuh.. salah langkah pasti langsung terjun ke bawah.. beberapa kali salah pijakan dan licin jadinya main perosotan aja terus…

hari mulai gelap, arda dan wita sudah jauh di depan.. aku dan sugenk masih dibelakang sedangkan fendi apalagi sudah terlalu jauh didepan malah dia… bener-benerlah porter yang satu itu #fiuuuhh

sekitar pukul 19.00 kita sampai di POS 3 senaru… sampai sana seperti biasa fendi sudah mempersiapakan semuanya tenda udah jadi.. air hangat udah ada… tinggal istirahat dan pijet-pijet kaki… wita apalagi langsung tepar….

Di pos 3 ini ga terlalu dingin kayak di plawangan sembalun… aku masih bisa nahan dinginnya… menu makan malam kita yaitu nasi anget dan sarden… aku langsung makan cepat-cepat agar bisa segera istirahat dan besok pagi bisa fit untuk lanjut turun…

Yang lucunya temen-temen yang lain pada kebelet pengen popoko jadi mereka makannya jadi dikit, katanya masih penuh didalam, hahaha lucu lah.. aku padahal sudah persiapan bawa sekop kecil untuk jaga-jaga siapa yang mau popoko…

Aku menjamak takhir magrib dan isya.. dan langsung tidur… tapi tetep ga bisa tidur, anginnya ribut sekali, apalagi bunyi seng dari pos 3 nya.. ya tapi yang namanya kecapean tetap terlelap juga…

Alarm ku bunyi tapi aku bangun jam05.30 karena masih kepompong-kepompongan dengan sleeping bag.. dingin banget soalnya… bangun, Wudhu lalu sholat subuh…

Kita siap-siap packing, sarapan dan langsung turun lagi.. Alhamdulillah trek turun dari pos 3 ga terlalu curam tapi tetap masih agak licin… turun lewat senaru sangat berbeda dengan jalur sembalun…

Jalur senaru hutan tropis kita bisa liat lutung yang lagi loncat-loncat diatas pohon disini, ada buah berry dan markisa juga…

Oo iya ada yang unik.. jadi selama di pos 3 kita di jagain guk guk.. ada anjing ditengah hutan,, dan yang menariknya gukguk ini ngikutin kita turun juga sampe pos extra…

nama guk guk dinamain “geng”.. soalnya dia ngikutin si sugenk mulu… yang ngasih makan, ngasih minum si sugenk… hahaha lucu bener guk guk ini, tapi tetep yang namanya gukguk ya ngeri juga takut di jilat…

aku sempat terkilir saat turun menuju pos 1 .. gara-gara salah langkah eh akhirnya kena deh kaki kiri pas mata kakinya ke puter… pas banget kemarin di tempat yang kena standar motor… awalnya susah banget buat jalan, aku di tolong 2 orang pendaki dari cina dan 1 orang india apa afrika gitu heheh maap liat fisik soalnya kulitnya agak hitam… yang orang cina ngasih sticknya agar aku bisa jalan pake 2 tongkat, dan 1 lagi orang yang afrika apa india itu  dia ngasih minyak anginnya.. agar aku oles-oles dikaki yang terkilir.. baik banget

agak sempat istirahat lama di pos 1 karena aku memulihkan kaki diputer-puter dan waktu turun kita lumayan jadi agak lama karena jalanku agak pincang…

sampe di bawah gapura senaru fendi udah nyariin tukang urut… aku langsung di urut ibu-ibu warga yang tinggal deket situ… seriusan sakit banget.. nangis-nangis deh di urut sama ibu itu sakit banget beneran… pada bunyi-bunyi lagi krek..krek.. .. tapi aneh walaupun cuma sebentar terasa enakan kakinya ga kaku lagi walaupun ada sedikit ngilu-ngilu…

pintu  jalur senaru

ternyata masih lumayan jauh ke jalan raya apalagi mau ke terminal senaru… aduh jauh deh..

kita lanjutkan perjalanan ke terminal senaru sekitar 15menit lalu naik ojek buat ngejar engkel buat ke bangsal soalnya next trip kita ke gili trawangan biaya naik ojek ke tempat engkel 20ribu..

pas sampe engkel ternyata kita telat…padahal biaya engkel ke bangsal lumayan murah loh 25ribu,  kalo mau pake motor ke bangsal 1 orang di minta 100ribu. Mahal banget!!!
 kalo sewa mobil 350ribu… kita milih sewa mobil… tau ga yang dipikiran kita itu mobil yang disewa itu avanza ato mobil pribadi lainnya… dan tau ga yang datang apaan?

JRENG....JRENG.......JRENG............

ENGKELLLL…  kita sewa engkelll  >.<

hahahhaa kocak banget deh pokoknya .. naik engkel segede itu isinya cuma 4 orang..ya ampunn...
 ga brenti-brenti ketawa pokoknya… waaa seru banget… ga nyangka nyewa engkel buat sampe ke bangsal… hahaha 

Alhamdulillah sampe bangsal  waktunya pas banget ada perahu yang baru aja mau jalan ke gili trawangan…. Wooooaaaa ini dia salah satu moment favoritku.. duduk didepan kapal, merasakan sejuknya angin dan bau laut… seriusan aku paling suka moment ini! serius!!.. pantai gili trawangan cantik banget…

Cahaya matahari sore sedikit menyilaukan mata tapi menyenangkan…

Aku duduk didepan kapal dan menikmati perjalanan..

Pikiranku terbang jauh,… damai, tenang, dan menyejukan…


sekitar 35menit perjalanan menggunakan kapal dari bangsal ke gili trawangan dengan harga 13ribu/org

SELAMAT DATANG DI GILI TRAWANGAN…

Dan....baru kali ini aku merasa asing di negeri sendiri…

Diliatin dari ujung kepala samape ujung kaki…

Hanya menatap bengong dan.. istigfar dalam hati… 
DOEEEEENGGGGG…. #garuk-garuk kepala

 Kenapa orang-orang disini cuma pake baju daleman.. aaaaaaaaa 


To be continue…….
Part 5 end..

November 12, 2013

Story of Me part 4 "Menuju Surganya Rinjani Danau Sagara Anak"

Sagara Anak Lake 
Dan masa mudamu hanya sekali jangan kau sia-sia kan dengan hal yang tak berguna…
Cobalah mendaki gunung, bersatu dengan alam, mengenal kebesaran Tuhan, dan ambilah pelajaran kehidupan darinya..



13.00 Aku dan arda sampai di tenda plawangan, di puncak kita tak terlalu lama hanya foto-foto sesaat dan langsung turun kembali..

Jujur aku lebih takut turunnya daripada naiknya, rasanya saat mau turun itu aku mau jatoh masuk jurang… padahal kata arda ini enak turunya pasir jadi bisa main kayak sepatu roda… tapi ga berani deh, aku milih untuk lebih berhati-hati… perlahan tapi pasti…

video

Aku sempat mual karena maag ku kambuh, maklum hari udah hampir siang dan kudapan satu-satunya udah habis dimakan.. hanya sisa air minum.. sempat tertidur dulu saat mau turun karena kecapean dan menetralisir asam lambungku yang tiba-tiba naik… lalu melanjutkan perjalanan turun kembali…

Aku percepat jalan, pemandangan cantiknya bunga edelweiss pun aku abaikan, memasuki kepulan awan. dingin rasanya dikepul awan… tapi menyenangkan… ^-^ #seneng

3 jam waktu yang dibutuhkan untuk turun ke plawangan… sampai tenda aku langsung istirahat makan dan tidur sebentar … lalu packing dan harus melanjutkan perjalanan kembali ke danau sagara anak… surganya rinjani…

Kali ini medannya lebih ajiiibbb hampir seluruh perjalanan menuruni bebatuan curam… sempat sedikit marah, sebel, dan mau nangis.. habis aku baru turun dari puncak kakiku banyak lecetnya dan harus turun lagi dengan trek yang begini curam…

aku ga mau memaksakan diri… jempol kakiku lecet, sakit sekali pas kena ujung sepatu saat menahan mau turun… sempat jengkel tapi aku sembunyikan… dinetralisir saja dengan melihat pemandangan yang luar biasa… tebing-tebing tinggi.. danau yang cantik…. Seriusan deh ga ada yang bisa ngalahin lensa mata. Sekalipun kamu pake lensa yang paling canggih DLSR ,WLSR ,ZZLSR sekali pun ga ada tandingannya dengan melihat menggunakan mata sendiri…

Aku dan wita meniatkan untuk menjamak takhir sholat dzuhur- dan ashar , pukul 17.00 kita berhenti sejenak sholat menghadap kiblat menyembah Allah diatas ketinggian…

Kita melanjutkan perjalanan kembali.. wita kesandung dan terjun kebawah kesangkut batu gede, syukur ga ada luka parah…

Aku didepan mengikuti jalur yang cukup jelas.., hari sudah hampir malam, jarak pandang pun mulai mengurang… dan pas banget headlamp ku mati,, ga bisa nyala lampunya mati… jiiiaaaaaaa

Syukur bawa senter cadangannya dwina, 30 menit perjalanan , fendi yang tadi mau pergi ngambil air melihat kita karena cahaya dari senter, dia menjemput dan menuntun kita tenda yang sudah rapi tinggal duduk dan menunggu makan malam..

video

Im feel calm in here… camp di pinggiran danau segara anak, dengan segelas energen hangat, berkumpul bersama kawan.. wah nikmat sekali…

Menu makan malam kita kali ini supermie telor dan nasi… nikmatnya hehehe

Nah di danau sagara anak ini banyak banget ikannya mulai dari ikan mas, ikan nila, ikan mujaer banyak deh, kalian bahkan bisa menagkapnya pake tangan aja tanpa harus pake pancingan..

Nih temen aku si arda dia nangkap 10 ekor ikan mujaer pake tangan… hehe besoknya kita pesta.. makan besar horeeee…. digunung makan ikan mujaer maknyossss… dan yang paling beruntung adalah….. jreng jreng…..kita punya the best chef fendi… yang multitasking dari porter jadi chef.. hebat kan hahaha….


arda dan sugenk lagi bakar ikan

05.30 hari sudah mulai terang.. sholat subuh wudhu pake air danau.. dinginnya pooolllll… menggigil pokoknya.. jamin deh.. tapi indah banget suasananya, tenang, damai, dan seperti ada yang menarik agar tak usah pergi dari tempat itu tinggal terus aja disitu… hehe

Aku dan wita belajar memancing tapi sayang ga dapet-dapet ikannya sempat ada yang kena tapi karena aku ga bisa nariknya ya lepas lagi ikannya..

Sedangkan arda dan sugenk memilih berenang di danau.. ga tau deh tuh dinginnya kayak gimana, soalnya aku sempat cobain masukin kaki ke danau, itu dah menggigil banget, apalagi mereka yang berenang…. Bbbrrrrbbbrrr…

oo iya disini banyak ilalang yang cantik banget... seriusan cantik banget... nyaman banget liatnya...aku suka suka banget...

Bermain bersama ilalang dibawah cahaya matahari cantiknya  ^_^

Kita lanjut ke hot spring… wow deabak… ini dia pemandian air panas rinjani… mantap… keren banget pokonya ajiiibbbbbb ga bisa diungkapan dengan kata-kata

Tapi ada pemandangan yang ga banget disni karena banyak bulenya jadi ya gitu agak terbuka-buka… aku dan wita karena risih ngeliatnya kita pilih tempat yang agak lebih atas lebih dekat dengen sumber mata air panasnya dan sepi…



Disini ada kejadian kocak… disini banyak sekali popoko dan momongkey.. #oh ya aku lupa kita punya daftar kamus sendiri :  pepito = pipis,  popoko = ee , momongkey = monyet

Kita nyari posisi yang bersih buat cuci-cuci, aku sempat terapi kaki, karena katanya kaki yang pegel kalo direndem air panas lumayan mereda sakitnya..

tapi ada kejadian seru, kocak… hahaha gini, kita ga sadar kalo tempat yang kita pake itu adalah tempat banyak momongkey…

Jadi posisi aku lagi ngerekam hot spring dan wita sedang cuci-cuci.. eh tiba-tiba ada monyet datang dan ngambil peralatan mandi kita.. si wita teriak dan langsung kabur, eh si monyetnya bawa lari peralatan mandi kita,,, woalah dasar monyet ini… hahaha seriusan kocak banget liat wita brantem sama monyet.., 

Yang anehnya si momongkey hanya ngambil sabun cuci muka aku aja sama odol… tapi tempatnya di tinggal dibatu gede.. sempat aku manjat mau ngambil tas peralatan mandi tapi si monyetnya turun lagi mau brantem sama aku kali.. yang jelas lah aku ga braani… dan milih kabuuurrrr…

Sampai ditenda aku minta tolong fendi buat ngambil eh ga sampe 10 menit si fendi dah balik lagi bawa peralatan mandi… mantaplah porter kita yang satu ini… serba bisa..

Kita makan bersama, jamak sholat dzuhur dan ashar, packing dan siap melanjutkan perjalanan ke plawangan senaru…

Danau Sagara Anak Gg.Rinjani


part 4 end...
to be continue....

November 11, 2013

Story of me part 3 "SUMMIT ATTACK GUNUNG RINJANI 3726 mdpl "



Aku ga akan mundur dengan pilihan yang ku 
buat, 

Aku ga akan lengah dengan kenekadan yang ku pilih,

Sekali pun aku harus tertatih dan merangkak untuk mencapainya..

Ya mencapai puncak keberhasilan dan menaklukan diri sendiri..


Kita start jam 03.00 am wita
Hari masih gelap tapi sudah ramai, hampir semua pendaki keluar dari tenda angina kencang dan dinginnya plawangan tidak bisa mengalahkan para pendaki yang ingin ke puncak anjani , cahaya-cahaya kecil dari headlamp menerangi jalan, membawa trekking poles dan tas kecil untuk air dan kudapan-kudapan kecil…, hawa dingin mulai menusuk sampai ke tulang, dan kaki pun gementar, tangan yang beku dan mati rasa dipaksa untuk bergerak agar dingin tidak membalur tubuh…

Perjalanan pun kembali dimulai… arda di posisi depan, aku dikedua, lalu wita dan dipaling belakang sugenk.., kita jalan bersama pendaki lainnya, langkah demi langkah, posisi tubuh mulai merungkuk ke depan, karena treknya mulai miring dan curam, pegangan-pegangan disela akar pohon dan tumbuhan, serta tetap menjaga keseimbangan tubuh…

Summit attack ke puncak rinjani memang luar biasa…. Penuh pasir dan bebatuan… ditambah angin yang sangat kencang membuat tubuh tidak seimbang dan menggigil kedinginan… sudah 3 jam perjalanan tapi belum sampai juga, hari mulai menerang, niatku yang awalnya ingin sholat subuh di atas puncak terpaksa buyar, aku sholat di sela-sela bebatuan untuk berlindung dari angin, aku tayamum dan sholat dengan posisi duduk, menghadap kiblat dan menyembah Allah, tak terasa pipiku mulai hangat, air mata mulai mengalir, aku memuji kebesaran Allah dengan segala skenario indah yang Dia tulis untukku,

Ya Allah, sungguh KuasaMu begitu besar, ciptaanMu indah, gunung perkasa ini Engkau yang menciptakannya segala bentuk keindahan yang Kau tunjukan begitu simetris dan tertata rapi, ya Allah ijinkan kaki ini berpijak di puncak itu, ijinkanlah, kuatkan hati dan kaki ini… dan biarkan aku menerima banyak pelajaran ilmu kehidupan dari perjalanan yang Kau tulis ini..

Aku melanjutkan perjalanan, menuju puncak… sempat terpikirkan untuk menyerah ketika angin mulai membuat tubuhku goyah dan tak seimbang, posisi ku sekarang di posisi tanggung, jika mau turun tanggung, dan mau naik lagi rasanya sudah tak punya tenaga…

Kusempatkan istirahat sebentar minum dan makan coklat yang satu-satunya kudapan yang dibawa, soalnya makanan lainnya dibawa wita dan sugenk dan jarak mereka masih jauh dibawah

video


Dalam hati aku terus beristigfar, dan terus menyebut LA ILLAHA ILLA ALLAH… terus saja.. kepalaku mulai pusing dan hidung terus meler karena dingin…

Arda mulai menyemangati “ayo tinggal dikit lagi tanggung, pelan-pelan aja pasti bisa koq”

Aku mulai kembali merangkak menuju puncak… perlahan baru 2 langkah berhenti lalu melanjutkan kembali.. perlahan tapi terus saja menuju puncak… hatiku terus berdoa menyebut nama Allah ya Allah kuatkanlah sedikit lagi…

Akhirnya sampai dibebatuan yang cukup besar dan mulai melindungi diri dari angin, tinggal 1 tanjakan dan sampai puncak… anginnya sudah mulai reda karna terhalang bebatuan…

Aku melanjutkan perjalanan…..

Dan Alhamdulillah… PUNCAK DEWI ANJANI… aku disini.. ya aku sampai… aku berhasil… rasa haru, senang, cape, sakit, semua berbaur jadi satu… dan semua terbayarkan melihat kebesaran Allah dari atas puncak Anjani..



“kini aku percaya, negeri diatas awan itu ada,

Bahkan bisa menari-nari dengan awan..

Mungkin terkesan berlebihan, tapi orang lain tak mungkin bisa merasakan apa yang dirasakan diri sendiri,

Dapat ilmu baru , dapat pelajaran baru

Melihat banyak hal yang mungkin orang lain belum sempat melihat…”



Gunung rinjani salah satu gunung tertinggi ke 3 di Indonesia 3726 MDPL

Aku bisa menggapainya, sungguh tak ada niat ku untuk menaklukan gunung, yang ada aku ingin menaklukan diri kusendiri.. mengukur batas kemampuanku, mengetahui jati diriku, mencari tau banyak hal dari alam dan bersatu bersamanya…

Dan kelak bila masih diberi kesempatan aku ingin kembali ke puncak anjani menari bersama awan dan merasakan sejuknya angin yang berhembus  ^_^



Dan kelak dimasa yang akan datang akan kuceritakan perjalanan ini pada putra-putri ku..

bahwa melakukan perjalanan, mendaki gunung, bersatu dengan alam adalah salah satu cara terbaik untuk belajar...



Part 3 end

The Story of me part2 " Hello Rinjani, Eksotiknya Plawangan Sembalun"


Bismillahirahmanirahim…

Sedikit kenekadan membuatmu lebih berani menjalani kehidupan…

HELLOOOO Lombok…. Im here….!!!!

2 november 2013

13.25
Kita berempat langsung nyarter mobil menuju sembalun , kita memilih rute naik dari sembalun dan turun lewat senaru..

Biaya transport dari bandara ke sembalun kurang lebih rangenya 350-450 ribu

Jarak tempuh perjalanannya cukup jauh soalnya sembalun berada di Lombok timur ada sekitar 3-5 jam diperjalanan.. karena saking kelaparannya kami mampir makan dan kuliner makanan khas Lombok, ayam taliwang dan plecing kangkung.. maknyooooosss

Ayam taliwang harganya 30ribu plecing kangkungnya 5rb, tapi karna buat ngirit aku beli nasi campur aja 15rb di tambah plecing kangkung 5rb hehe hemat-hemat :D

Kita lanjut beli bahan-bahan makanan buat digunung rencananya 4hari 3 malam,

List belanjaan :

Supermie 15 bungkus

Kopi, energen, masako,

Sarden gede 2 kaleng

Telur ayam 12 butir

Mentega

Chiki-chiki,roti,cokelat, dsb total harga sekitar 130ribu

Beras, gas, air minum, sayur-sayur nanti beli pas disembalunnya soalnya di supermarket berasnya habis, tapi saya sarankan beli dulu sebagian logistik dikota Lombok agar lebih murah, kalo sudah masuk sembalun biasanya harganya jauh lebih mahal..

Semuanya kita sharing cost jadi lumayan ringan karena dibagi berempat..

Sekitar pukul 16.00
kita sampai di sembalun waaa baru awal naik kita disambut monyet-monyet yang berkeliaran di jalan.. sempatkan foto-foto karena cantiknya tebing-tebing di sembalun…



Karena semakin malam kita ke rumah kepala desa untuk lapor, dan menginap 1 malam di guest house biaya 1 kamar/malam 200ribu


tapi kamarnya gede banget kayakanya 10 orang bisa masuk dikasih extra bed juga, tapi karena kita itu 2 cewe 2 cowo , kita sewa 1 kamar tapi yang cowonya tidur diteras luar #maap ya arda, sugenk haha tapi itu untuk melatih kalian agar terbiasa dengan diangin rinjani nanti ahahha :D

kalo dibagi ber 4 jatuhnya seorang 50ribu, kasian juga sebenarya liat arda sama sugenk tidur bersama laron-laron apalagi cuaca sembalun kalo malam dinginnya itu dingin banget… tapi mau gimana lagi, harus tetap ada hijabnya.. maap ya kawan hehe :D

Jam 04.00 
aku udah bangun mandi dan rasanya itu ya mandi subuh di sembalun jam segitu kayak mandi pake air es mbahnya es, dinginnya itu sampe ke tulang-tulang… pokoknya bawaanya mau selimutan terus… tapi harus dipaksa karna kita kejer jam 6 udah start biar ga kepanasan dan kesorean sampe plawangannya

Sholat subuh lalu packing lagi bebannya sekarang dibagi sama porter , kita sewa 1 porter namanya fendi dia masih SMA kelas 2 tapi udah bisa bawa barang beratttttt banget… seriusan beratnya itu berat banget tapi bagi porter katanya itu biasa bahkan dia masih bisa lari dengan bawaan seberat itu ke gunung.. bener-bener lah itu keren banget… akhirnya kita cari sarapan disitu lumayanlah harga 10ribu nasi campurnya, dan  nasinya seubrekkk banyak banget tapi sayurnya agak dikit.. jadi saya sarankan buat kamu yang mau cari makan disembalun mending 1 nasi campur buat bagi 2… beneran banyak banget nasinya..

Kita daftar dulu di kantor taman nasional rinjani, bayar tiket 2500/orang

Dan mulailah perjalanan...
kita awali dengan doa masing-masing… baru awal perjalanan melawati jalan raya.. lalu melihat padang savananya rinjani, karena hampir sebagian gunung rinjani itu padang savana bukan hutan tropis jadi panasnya sangat menyengat dijamin akan gosong...



Dari awal start menuju pos 1 sekitar 1 jam dan medannya masih aman, Cuma bagi yang ga tahan panas, kamu harus bawa sun block dengan spf 50-70 % kalo bisa hahhaa…

Banyak ketemu pendaki bule dan orang jepang selama perjalanan waaaa rame lah perjalanan ketemu orang-orang baru dan saling berbagi cerita..



dari pos 1 kita lanjutkan pos 2 sekitar 45 menit perjalanan, banyak yang beristiraht disini, mereka makan siang dan istirahat sejenak, tapi karena kita masih kuat dan masih kenyang, kita berlima lanjutkan perjalanan ke pos 3 masak dan makan disana, sekalian kita menjamak-qasar sholat dzuhur dan ashar.. 
dipos 3 ada toilet umum ya tapi jangan kalian pikir toilet umum yang kayak biasanya, toiletnya disini ga ada air jadi kalian harus memanfaatkan tissue basah  atau sisa air minum kalian..

setelah perut kenyang energy kembali saatnya kita lanjutkan perjalanan… 

welcome 7 bukit penyesalan… 

jreng..jreng ini lah 7 bukit penyesalan yang diceritain orang-orang… bener-bener bakal bikin nyesel hehe tapi kalo kalian berpikiran nyesel lewat bukit ini nanti ga menikmati perjalanannya.. jalani aja dan ga usah dipikiran jauhnya tetap aja melangkah dan nikmati pemandangan dari atas bukit.. yakin terbayarkan semua saat sampai diatas.. ada view yang cantik menunggu… 

disini wita sempat nangis, arda dan sugenk juga sudah mulai kelelahan apalagi aku, udah ngos-ngosan.. trek nya itu loh luar biasa… ajibbbb banget.. apalagi anginya kenceng banget jadi bikin gerak tubuh ga stabil dan goyang-goyang…



agak sedikit licin dan harus agak manjat karena lumayan curam dan miring, dalam langkah aku berdoa ya Allah kuatkanlah kaki ini, kuatkanlah,
 kerena kita harus tetap mebawa beban tas carrier walaupun isinya sudah dikurangi tetap aja masih terasa berat entah kenapa …

akhirnya setelah perjalanannya panjang melawati 7 bukit penyesalan. Sampai juga di plawangan sembalun kita sampai pukul 17.30 jadi sempat melihat cantiknya sunset yang terbenam dibalik pegunungan yang dibawahnya ada danau sagara anak,

cantik sekali SubahanaAllah kebayar semua lelah, keringat, kaki pegel pun hilang seketika, sedikit menitikan air mata, ya Allah ciptaaMu indah sekali… cantik…cantik sekali, sering aku memikirkan dengan dosa-dosa yang menumpuk begini, apakah pantas memikirkan surgaMu ? bagaimana bentuk Surga yang Kau janjikan ya Allah?

videoWarna merah orange bercampur dengan siluet gunung, sedikit cahaya bulan menerangi danau sagara anak… sungguh cantik sekali… akan ku rekam semua rupa ini dikepalaku… keindahan yang Kau tunjukan ya Allah.. terima kasih atas nikmatMu...

Kita menuju tempat camp sekitar 15menit dan hari sudah mulai gelap, angin di plawangan kencang sekali, aku menggigil, jadi aku niatkan sholat magrib di jamak takhir di isya…

Aku ga tahan dinginnya plawangan, anginnya terlalu kecang… setelah sholat didalam tenda langsung disuruh makan oleh fendi porter top markotop kita.. selain bisa ngankat semua barang-barang yang super berat porter kita ini jago masak, dan semua masakan yang dia masak enak semua… top lah buat fendi  THE BEST PORTER AND CHEF

Saya langsung tidur untuk menjaga stamina, karena jam 2 dini hari nanti waktunya summit attack yaitu perjalanan menuju puncak anjani… akan segera dimulai....... to be continue

Part 2 end

oo ya aku lupa.. biaya porter 1 hari 125ribu ^-^

The Story of me part1 "Ajakan wita yang tiba-tiba Jegggerrr.."


The Story of me 1
Ajakan wita yang tiba-tiba Jegggerrr.. 


Bismillahirahmanirahim…

Lakukanlah perjalanan panjang dan kau akan menemukan jawaban siapa dirimu sebenarnya…

Suatu saat dimasa yang akan datang akan  kuceritakan ceritaku ini kepada putra-putriku, bercerita tentang perjalanan yang dulu hanya mimpi kini membumi dan nyata…

Via whats up

Wita : ci, apa kabar? Gimana masih mau nyari kerja? #basa basi wita

Aku : mm kayaknya ga dulu wit, aku pengen fokus TA

Wita : oo gitu, eh ci btw kamu suka naik gunung?

Aku : suka banget wit, emang kenapa? kamu mau naik gunung?

Wita : mmm, iya ci rencananya si mau ke rinjani…

Aku : hah seriusan wit? Rinjani ???? waaaa keren-keren wit sama siapa aja?

Wita : aku sama temen sma ku , mm kamu mau ikut ga ci ini ada temenku 1 yang batal karena dia ga diijinin cuti sama kantornya..

Aku : hah? Wit waduh aku baru beli laptop wit, duitku habis btw emang harganya brapaan?

Wita: harga total tiketnya 1,2jt tapi ini mau dijual 600rb aja gimana kamu mau?

Aku : walah wit aku nda ada duit segitu kalo 400rb aku mau deh hehe

Wita : yaa ga di kasih sama orangnya,,, lumayan loh ci tiket dari harga 1,2

Aku : yaudah 500rb aku mau tapi cicil yah.. hahaha

Wita : beneran kamu mau? Ok deh gpp deal..

Sempat aku terdiam sejenak loh..loh.. itukan aku cuma becandaan doank.. kok deal.. walah gimana ini…

Ya sudahlah… kita lihat aja dulu kedepannya, awalnya jujur aku ga ada niat mau lakukan perjalanan ini, walaupun dulu sempat aku punya mimpi ingin ke rinjani, tapi kalo dalam jangka waktu tinggal 2minggu lagi gini persiapan ga ada, duit pas-pasan walah.. aku mikir dua kali…

3hari setelah percakapan,

Wita : udah dapat carrier sleeping bag sama matras belum?

Aku : waduh belum wit, aku lagi ngerjain TA sih ini jadi belum sempet nyari-nyari, kamu emang udah dapat pinjeman?

Wita : udah, sb, matras,keril, sepatu aku udah..

Aku : waaa trus nasibku gimna? Langsung aku gerak cepat aku kontak adam temen waktu d3 dulu di Telkom, ternyata barang-barangnya dia dipinjem juga sama temen tapi syukur ada temennya adam namanya zaki dia mau minjemin sb sama matrasnya, wah dapat, tinggal carrier sama sepatu cari pinjeman sana-sini tapi carriernya pada 60L , 80L semua ga ada yang kecil.. berhubung badan aku kecil ga mungkin aku bawa carrier yang lebih gede dari aku kan, yang ada nanti malah ngerepotin orang lain.. jadi aku cari yang gedenya sesuai kapasitas.

Setelah lama pencarian barang-barang yang wajib ada, akhirnya dapat juga dan ternyata anak kosan ada yang anggota Tim Sar bandung, dan dia punya carrier, sepatu lengkap banget ternyata, Alhamdulillah banget dimudahkan…

Selama 1 minggu 4 hari aku sama wita melatih fisik, tiap hari jogging kalo ga pagi sorenya jogging, aku tiap pagi merutinkan jogging, 30menit di sabuga. Selain fisik harus melatih mental juga dari sekarang pikirku…

H-3 aku sama wita cari perlengkapan ke eiger , gasibu , alpina, dll yang serba ada murah meriah…

H-1 waa semua dadakan, sama dosen pembimbing disuruh ngerjain draft bab 1 dan bab 2 lalu dikumpulin, aku kerja kejar tayang.. pas balik kosan, esti anak kosan yang mau dipinjem tas dan sepatunya dia ga balik-balik di telpon ga diangkat-angkat di sms ga di balas, aku makin setres.. jam 15.00 aku masih di perpustakaan STEI Labtek V masih ngerjain laporan, tapi pikiran di carrier dan sepatu gimana ini, kalo ga ada aku ga jadi berangkat,

16.00 masih belum ada balasan dari esti… aku terpaksa cari alternative lain, aku harus cari pinjeman daypack biasa kalo memang si esti ga ada balasan, akhirnya aku memutuskan ke BIP cari sepatu yang murah meriah, eh dapat sepatu running reebok dari 500rb di diskon 70% jadi 190an, yaudah aku beli sepatu.. dan udah siap-siap pergi ambil day pack ke dayeukolot pinjem punya sofa..

18.00 ada sms dari esti katanya dia lagi ke gunung Malabar ada orang hilang, ya esti ini anak TIM SAR Bandung, jadi banyak tugas mendadak, katanya kalo ada kunci cadangan ambil aja carriernya ada di kamar, waa langsung deh pulang kosan, dan siap2..

tapi yang jadi masalah kosan ku itu ga ada kunci serep.. dan karna ini sangat urgent sekali .. aku germi, puspa bobol jendela hahaa…

Aku masuk dari jendela ngambil carriernya esti dan langsung packing… malamnya jam 8an wita udah nunggu di baraya travel menuju Jakarta, karna kita janjian ketemu sama temen wita di pasar festival kuningan.. sampe Jakarta jam 11malam,nunggu temennya wita di MCD sampe jam 1an akhirnya datang juga, jreng… jreng datanglah orang yang ditunggu bawa 2 carrier kenalan sama temennya wita namanya arda..

Kita bertiga langsung ke rumah temenya arda, kita nginep di rumahnya jauh juga ke priok, waduh…

Sekitar 45 menit dari pasfes ke priok akhirnya sampe juga kenalan sama temennya arda namnya azhar alias ai alias sugenk haha nanti diceritain di next story.. kocak banget pokonya..

Dan lengkaplah personilnya 4 orang aku,wita,arda,azhar

Ready for the adventure kawan…..

2 november 2013

08.00 pagi kita brangkat dari priok menuju bandara soekarno hatta..

Pesawat take off jam 10.30 dan menempuh kurang lebih 2.20menit ke Lombok…

Jreng… jrengg… Finally sampe juga di LOMBOK…. Wow.. panasnya Lombok menyengat kulit, Bau laut mulai tercium Langitnya biru sekali beda sekali dengan langit ibukota… hahaa

WELCOME to LOMBOK


Part 1 end

Welcome to Lombok ^_^