Chici Fitriyanti Angraeni Abdulfattah

Mei 08, 2019

Umroh bawa bayi full barokah part 2

25 April 2019
Dikasih kabar tiba2 dari travel kalo kita jadi berangkat tanggal 28 wakwaw panik ga tuh H-3 baru dikasih kabar gimana ga panik itu. Langsung lah itu kebut sana sini beres2 toko beli perlengkapan semua serba diburu-buru.
Setelah beberapa kali gagal berangkat karna korban PHP jadi kali ini ga mau GR karna belum ada tiketnya .

27 April 2019
Sampe lupa kalo hari ini masuk 28 tahun happy b'day to me.
Suami juga ga ada prepare kasih suprise ini itu karna semua serba kebut.
Pas hari ulang tahun
Dikirim tiket keberangkatan JKT- Jeddah
Ya Allah langsung nangis bombay hadiah terindah yang pernah ada. Allah kirimin hadiahnya pas ulang tahun masyaAllah. Makin jadilah nangis awak nih. Lebay sih tapi tau ga rasa harunya itu dari sekian lama menunggu dari sekian banyaknya perseteruan. Allah memang punya hadiah paling indah diwaktu yg sudah ditentukan.

28 april 2019
Tapi masih deg degan juga ternyata dibalik mau berangkat masih penuh misteri kebayang ga kita udah bawa rombongan menuju bandara udah di jalan dan masih di wa sama pihak travel administrasi belum beres deg degannya kayak gimana tuh mas bro rasanya mau nangis tapi di tahan2 karna Mau dijelasin complicated lah kalo mau versi lengkap wa aja. Aku sama pak suami zikir terus di dalam mobil semoga Allah mudahkan lancarkan.
Alhamdulillah ya Rabb sampe bandara fix semua beres sudah ada yang nunggu orang aiport handlingnya kita berangkat ber 6 aja ga sama rombongan besar. Karna beda pesawat kita ketemu rombongan besar nanti pas di jeddah.
Kita naik pesawat garuda
Disini stroller kepake banget nih al tidur jadi bisa sambil di dorong2 menuju boarding room.  Masuk priority lagi jadi tak perlu antri panjang. Langsung cuss masuk.. MasyaAllah dipermudah.

Jkt-jeddah kurang lebih 9 jam perjalanan
Saya request untuk bisa dapat tempat duduk di depan dengan baby bassinet.  Biar leluasa buat nidurin al atau pun mau gendong al. Alhamdulillah diberi kemudahan walaupun baby bassinetnya gagal buat dipake karna berat al sudah lebih dari 9kg. Jadi tetep aja tidurnya sambil digendong baru awal mulai mamak mamak harus kudu setrong ya mak. Karna kadang anaknya ga mau sama bapaknya maunya nemplok sama emaknya. Yes seperti yang dibayangkan al tantrum kaget karna pertama kali naik pesawat. Nangis keceng banget mungkin sakit telinganya jurus terampuh adalah nenen. Kadang di bujukin sama penumpang lain dikasih coklat dikasih ciki diajak main pramugari.. Heboh lah 1 pesawat al ga mau diem maunya jalan2 keliling lorong pesawat. Fiuuhh.

Di pesawat ada tempat buat ganti popok bayik koq jadi tenang. Tinggal siapin kresek hitam aja buat naroh popok bekasnya.
Untuk makan garuda airline sangat indonesia food sekali jadi aman ga bikin perut mual. Makanan bayi juga dikasih walaupun al kurang suka karna pure buah. Al lebih milih makan nasi hahaa.

Jeddah 17.00

Sampai di jeddah masyaAllah langsung beda ya cuacanya wessss hawa panasnya menyerap dan lagi2 al paling ga tahan sama hawa panas kita turun dan ikutin jalur khusus umroh pengecekan paspport dan beres ternyata pas keluar koper kita sudah diangkut sudah ada yang standby dan menunggu di bandara. Gile cing macam tamu ekslusif yang lain pada antri kita mah lurus2 aja langsung. Mobil udah siap dan langsung dibawa ke hotel transit di jeddah. Kita nginep 1 hari di jeddah buat nunggu rombongan besar masyaAllah tadinya kukira kita nunggu di bandara. Dipermudah lagi dikasih hotel transit. Sampe hotel sudah ditunggu lagi sama mutawwif namanya ibrahim. Langsung masuk kamar hotel dan istiRahat. Disuruh pilih makanan arab apa indonesia? Semua langsung pilih indonesia aja. Perut masih kontraksi nanti sama makanan arab hehe.
Disini agak repot al waktu tidurnya jadi amburadul jadi anak ini udah ngantuk tapi masih siang jadi dia bingung. Agak rewel disini awal2 tapi alhamdulillah pas kesana-kesananya aman lah.
Di jeddah mah ga terlalu banyak kegiatan hanya keliling disekitaran aja. Dan belajar mulai mengenal uang SAR lucu orang sini pinter bahasa indonesia. Belanja ke toko2 pada bisa bahasa indonesia. Jadi aman. Karna mereka juga ga terlalu ngerti bahasa inggris. Mending bahasa indonesia aja katanya. Kocak kan karna saking terkenalnya orang indonesia itu doyan belanja. Hahaa

29 April 2019
Bertemu rombongan besar,
Wah ternyata banyak banget dan hampir semua kaget karna kita bawa bayik.
Alhamdulillah juga semua suka sama al karna al memang dikit2 senyum dikit mewek senyum lagi campur campur lah anak ini. Yang paling ga brenti2 itu dikasih makanan, buah , coklat sama al ya Allah sampe bingung mau bawanya kek mana. Ngasihnya juga banyak2. Dibagi bagiin lagi aku ke orang2. Ada juga yang ga kemakan. Jam 10 kita berangkat menuju madinah pakai bus ku kira jauh ya ternyata al anak sholeh nangis sih tapi masih wajar sisanya dia duduk ngemil main bobo di bus.
Sampai di madinah hati koq deg degan benerlah awak nangis.

kita langsung makan saat  menuju masjid pas liat tenda2 besar putih di madinah masyaAllah ga brenti ini hati deg degannya "assalamualaikum madinah"

Kita baca doa dan dibimbing ke gate khusus perempuan sholat 2 rakaat tahyatul masjid dan sholat ashar di jamak takhir sama dzuhur. Ya Allah pertama datang masoh belum tau alur ya dan cuaca benar2 panas. Al kaget dan rewel. Aku mencoba untuk masuk kedalam masjid penuh sesak ga ada tempat. Alhamdulillah dipanggil sama2 ibu2 dikasih tempt di sampingnya. Tetep ga bisa sholat. Al tantrum karna ga nyaman masih kaget sama suasana. Mana kiri kanan orang negro india, bawaan tas berat mau sholat pun tak kuasa.
Akhirnya sholat sambil gendong al sambil teriak2 asa sholatnya teh ga puguh. Pas di dudukin Al ketendang sama orang sampe jungkir. Mulai dari situ aku agak shock,  ya Allah ini harus cari tempat aman. Abis sholat langsung ke titik kumpul lagi. Cerita sama suami aku belum sholat al teriak2. Tolong gantian jaga dulu. Langsung kacir wudu dan sholat alhamdulillah. Ketika kita sholah di mesjid nabawi seperti 1000x sholat dimesjid lain.

Ya Allah ademmm hati nyosss... Langsung balik lagi ke titik kumpul foto2 sebentar lalu pulang ke hotel persipan buat sholat magrib. Ustadnya kasih pengumuman Karna malam ini ibu2nya jadwal ke raudoh jadi aku gantian sama pak suami magrib di mesjid akunya gantian jagain al bobo. Nanti pas isya Pak suami langsung buru2 pulang ke hotel Gantian jaga Karna buat masuk ke raudoh buat yang perempuan di batas ga bisa 24jam kayak laki-laki kita harus buru2 kalo telat dikit pintunya ditutup. Kita cari pintu yg paling awal dibuka biar pulangnya ga terlalu malam.
Habis makan malam semua ibu2 sudah kumpul , seharusnya sudah jalan jadi bisa keburu isya di masjid dan ga buru2 berdesak desak masuk ke pintu. Ini karna lama nunggu yg lain, akhirnya kita dapat rakaat ke 3 sholat isya di masjid itu pun sambil ngos ngosan. Alhamdulillah juga masih bisa masuk. Kita masuk dari pintu gate 29. Pagar dibuka menuju raudoh itu sekitar jam 09.00. Ya Allah disini bener2 aku mikir ya Rabb orang2 sebanyak ini mencari syurga mu desak desakan buat berdoa minta ampun. Dibawa doa zikir terus. Pintu dibuka kita masuk ke kloter ke 2 langsung semua lari karna memang harus cepet kalo ga ya ditutup petunjuknya sudah jelas tinggal ikutin arah menuju raudoh.
Masih disuruh menunggu pas di depan pintu raudoh ya Allah ga tahan ga kuasa air mata udah ga bisa tahan2 lagi. "Assalamualaika ya Habiballah"
Allhuma salli allah sayidinna muhammad wa allah sayidina muhammad.."
Bukalah pintu raudoh langsung cari tempat yang aman sholat tobat dan sholat hajat. Aku agak maju ke depan di dorong sampai di bawah kuba pas kosong doa disitu ya Allah rasanya pengen berlama lama tapi cuma dikasih waktu 30menit.  Udah ga tau lagi lah mata bengkaknya kayak gimana. MasyaAllah rasanya ingin meluapkan semua yang ada dihati.  Pulang2 mata pada bengkak bengkak. Kasian pak suami ketiduran jagain al. Gantian dia itikaf di masjid kalo laki2 raudoh di buka 24jam terserah mau datang jam berapa saja. Kalo perempuan di batas Hanya abis dzhur dan abis isya.

Masih kerasa wanginya sampe sekarang.. Ingin berlama lama di taman syurganya Allah Raudoh dimana doa2 semua dipeluk dan dijabah Allah...
Indah sekali wangi , karpetnya hijau , lait semua orang berzikir, bershalawat, menangis, wah pas nulis ini juga awak masih mewek masih rindu. Sayang sekali disini hanya dikasih 30 menit saja kalo udah lebih di usir sama azkar perempuan yang pake cadar hitam hitam.