Chici Fitriyanti Angraeni Abdulfattah

Januari 06, 2014

SEMERU eskpedisi part 1

Bismillahirahmanirahim

Satu per satu bayangan-bayangan itu membumi dan nyata…

Aku tak pernah menyangka kaki ini bisa melangkah ke tempat-tempat yang dulunya hanya ada dalam impian

November 2013

Setelah turun dari rinjani, datanglah berbagai undangan-undangan untuk menggapai puncak-puncak tertinggi.

Adik kelas sewaktu di D3 dulu ngajak nanjak ke semeru, awalnya juga mikir waduh desember tanggal segitu kayaknya saya harus selesain Tugas Akhir, ternyata takdir berkehendak lain,
tanggal 23desember sampai 6 januari ITB libur…

Tiket kereta sampai awal desember Rp.50.000
karena kita pesen 1 bulan sebelum brangkat jadi total harga perjalanan PP BDG-KEDIRI, KEDIRI-BDG sebesar Rp.100.000,- kereta ekonomi ac kahuripan.
 ini termasuk murah ala anak backpacker menurutku
dan bruntungnya , pas di cek lagi awal desember harga tiket kereta naik 100% jadi 110ribu

Berutunglah kita dapat tiket murah meriah..

--|||||--

1 bulan waktu yang pas untuk melatih fisik dan mental dalam seminggu aku bisa tiap hari jogging, kalo ga pagi ya sorenya mumpung deket juga ke saraga(sarana olaraga ganesha).

Selain fisik aku mulai mengikuti yang namanya safety procedure karena pengalaman dari rinjani kemarin aku tipe orang yang ga tahan dingin dibagian tangan dan kaki,

Mulailah menyicil barang-barang beli kaos kaki tebel dan sarung tangan bahan polar,
mulai nyicil beli carrier uhuuukk  alhamdulillah dapet juga si carrier impian si dodot hehe ^_^
terima kasih mama, kakak atas pengkreditan khususnya, ntar ya kalo deposit aku udah full nanti diganti hehe #apasih hehe

1 minggu sebelum hari-H

Seperti biasa karena ITB udah mau mulai liburan dospem saya mentargetkan bahwa BAB III tugas akhir saya harus segera diselesaikan dan seperti biasa pula kejar tayang “The Power of Kepepet”

Wusss dalam waktu 2 hari aku sama germi selesain tuh BAB III,

eh beres hehe pikiran kita udah di liburan aja, si germi ini ikutan pulang ke malang kerena uni nila ga jadi berangkat ke semeru, germi lah yang gantiin tiketnya mumpung gratis kata germi,

H-2

Tanggal 21 itu aku harus menyelesaikan 1 amanah lagi yaitu FLT FOSMA sebagai alumni yang baik dan sudah menjadi tradisi tiap tahunnya FLT itu dihiasi dengan reuni alumni-alumni karena ini tahap pengkaderan dalam kepengurusan fosma, kalo mau flash back tentang FLT ini ada cerita-cerita manis,sedih ,kocak ya nantilah aku ceritaain di page lainnya, sekarang ini tentang semeru aja dulu ..

Masih tanggal 21

Paginya saya disms guru saya kalo ada tasqif akhwat dari jam 8-15.00, dan diwajibkan untuk datang..
Bersama si Rambo cuss ke masjid nurul jamii di dago sampe jam 3 sore..

Selanjutkan menuju ciwidey tempat kegiatan FLT packing dulu sebentar ya minimal bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.. lalu cusss menuju dayeuhkolot

Kumpul sama temen-temen di kampus poltek lalu sekitar pukul 08.00 kita berangkat dan ga nyangka perjalanan ke ciwidey itu memakan waktu 2jam , kondisi HUJAN, DINGIN,dan jalan kesananya itu loh ehemmm
Ya gpp hitung2 latihan fisik dikala dingin nanti pas ke semeru.

Kegiatan FLT berlangsung 2 hari 1 malam, masih dengan kegaiatan yang sama ada post malam dan kegiatan seru lainnya, FOSMA itu memang seperti ini nyaman dan rasakan nikmatnya persahabatan.

Aku sayang FOSMA  <3 br="" nbsp="">
Tanggal 22 hari H

Kereta kami berangkat pukul 20.30 dan aku belum packing bersih masih amburadur...

Dari ciwidey kita pulang jam 14.00 dan butuh waktu 3 jam aku sampai ke kosan.

17.00 sampe kosan, sholat ashar dan aku baru packing mana rok celananya masih di uni nila, dan lupa  satu janji lagi bayar gaji karyawan di esunyu astaga ini bener-bener mepet, maaf ya ririn ;(

18.00 sholat magrib, trus masih packing dan Lapar maklum belum makan seharian

19.00 niatnya mau makan dulu eh keburu taksinya udah datang.. ya sudahlah ya.. makan di stasiun aja.

Ini nih yang bikin deg-degan sampe distasiun kiaracondong jam 19.40 dan temen-temen yang lain belum ada.. awalnya woles aja ahk masih lama...

20.15 masih belum kelihatan juga, udah berapa kali tuh dipanggil-panggil kalo penumpang kereta kahuripan segera masuk, gimana mau masuk coba orang tiketnya di arief.

Yang paling ga tenang si germi, “aduh teh gimana ini, coba telpon lagi temen teteh udah dimana”

3 menit kemudian dia ngomel lagi “teh, udah dimana temennya?” 3 menit kemudian hahaha

20.30 deg ini mulai kalang kabut koq ga nongol muka orang-orang ini…

Syukur keretanya pake acara delay,

dan JRENG....JRENG...JRENG akhirnya datang juga..

1 angkot turunlah orang-orang dengan tas carrier gede-gede sepertinya mereka bawa kulkas sama lemari hahaha,  dengan gaya nyentriknya  pake sepatu boot tinggi-tinggi  gitu.. wow.. hahaha

--||||||--

Jujur ya aku sama sekali ga kenal 1 orang pun tim yang akan ke semeru ini kecuali niri, dan itupun ketemu niri nanti dimalang, 1 tim ekspedisi ini anak-anak angkatan 2010-2011 dan heloooo aku angkatan berapa coba 2008 hahaha ya pastilah ga kenal, Cuma kenal lewat FB doank dan itu pun sok SKSD aja haha.

Awalnya ada yang  dikenal si abdi adik di fosma, tapi dia berubah haluan karena mendengar isu-isu bahwa musim hujan dan semeru terlalu berbahaya, maka mereka pindah ke Mt.Merbabu bersama 6 orang lainya, jadinya grup yang terbentuk ada 15 orang terbagi jadi tiga tim,   6 orang ke merbabu, 6 orang lagi ke semeru dan 3 orang ga jadi ikut.

Syukur ada si germi setidaknya ada temen ga krik..krik sendirian di kereta, walaupun si germi cuma sampe malang ga ikut ke semeru, karena dia tujuan emang mau pulang kampung hehe.
Aku bisa kebayang nasibku kalo ga ada si germi… sendirian ga ada temen ngobrol KRIK..KRIK..KRIK..
senyap.. sepi...

Okay di kereta kami duduk pisah-pisah ya ngertilah kita ga saling kenal dan begitulah kalo masih pertama masih ada jarak haha dan tau ga sih dalam 1 minggu berubah 100% pas pulang dari semeru udah kayak temen yang kenalnya lamaaaa banget ,ga ada tuh yang namanya jaim-jaim hahaha

itulah ajaibnya perjalanan ^_^
Tak perlu waktu bertahun-tahun mengenal karakter orang, cukup dengan melakukan perjalanan panjang dan kamu akan tahu sikap orang tersebut  ^_^

seneng kenal teman-teman ini kalian memang orang-orang baik tim popoko haha.
nanti di ekspedisi part 2 aku kenali orang-orangnya... ^_^

--MASIH DIKERETA—

Dari awal aku udah bilang “mi, kamu harus siap survive ya, soalnya kita backpackeran dan ini kereta ekonomi”

Dan terbukti si germi ngomel mulu hahaha…

‘aduh teh, pinggangku sakit semua, ”’

“aduh teh, ini ga recommended deh kalo mba puspa,teh derin ,eli naik kereta ekonomi”

“aduh teh…. Bla..bla..bla”

Hahha aku senyam senyum aja liat si germi, walaupun aku juga sempat ngeluh-ngeluh juga karena pinggangku sakit,  tepatnya seluruh badan pegel hahaha

Yang bikin kocak ini, kita mau pepito alias pipis dan WC nya itu ehemmm semerbak baunya muntah-muntahlah anak orang si germi muntah di kereta..

Aku nemenin anak ini nyari udara seger jalan-jalan  digerbong kereta kasian dia udah kliwer-kliwer pusing #maap ya germi kamu hebat udah bisa survive... jangan kapok ya mi ^_^

Biar tidurnya enak kita menggunakan semua free style gaya tidur dari kaki diangkat ke atas, dari tidur memanjang cuma kepala sama pantat doank yang di kursi, dari kaki di taruh di atas jendela, pokonya ga ada 1 pun yang nyaman hahaha…

Butuh waktu 12-13 jam BDG-KEDIRI

Sampai dikediri sekitar jam 10 pagi dan harus melanjutkan perjalanan ke malang

Kita memilih naik BUS ke malang dengan harga BUS KEDIRI-MALANG Rp.21.000/orang,
untuk naik bus ini  harus dicegat dari depan KETOS (KEDIRI TOWN SQUARE)
jadi kita harus jalan dari stasiun Kediri ke KETOS sekitar 2km lah hehehe

lagi-lagi aku prihatin liat germi , ini anak udah capenya pool kelihatan banget tapi dia dibawa happy aja mana aku ngasih bawaan yang berat lagi ahhaa #maap ya mi perjuanganmu tak akan terlupakan..

BUS puspa indah namanya, memang sering lewat dan jangan harap BUS yang kamu bayangkan itu full AC tempat duduk yang nyaman dan bla..bla..bla sangat berbanding terbalik kawan...
#namanya juga backpackeran

BUSnya itu seperti DAMRI BDG-JATINANGOR duduknya siapa cepat dia dapat, dan kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam dengan trek perjalanan berkelok-kelok
jadi, siap-siap kantong kresek kalo mau muntah :p

aku duduk paling depan deket pak supir,niatnya mau lihat pemandangan perjalanan. hehe tapi ternyata terlelap juga.
perjalaan kita lewat pare -batu- malang,

Sampai terminal lendungsari malang kita disambut hujan, dan rencana berubah total, awalnya mau langsung ke tumpang – ranu pane dan nginep semalam di ranu pane,

Tapi kata pak leader bilang kalo kita maksain berangkat ke tumpang dijamin barang-barang basah semua jadi kita tunda besok pagi jam 6 baru berangkat ke tumpang lalu naik truk ke ranu pane..

dan 1 hal yang kita lupakan, si  NIRI masih nunggu di STASIUN KOTA....