Chici Fitriyanti Angraeni Abdulfattah


Mei 09, 2013

Diabetes... yang menurun kah?

Bismillahirahmanirahim....

Readers gimana kabar sehat kah?
aku pengen share tetang salah satu penyakit yang akhir-akhir ini bikin aku deg-degan...
ini tentang diabetes... itu salah satu penyakit.. dimana gula darah yang ada pada tubuh berlebih... alias kebanyakan gula...

ini berawal dari aku konsultasi project gizi yang sedang aku kerjakan di tempat magang RS.Al-Islam bandung... aku mengejarkan project web bagian instalasi gizi... dan saat diberi data jenis penyakit aku tertarik tanya ke ahli gizi tersebut tantang penyakit diabetes ini...
ada diabetes mellitus dan  nefropati diabetes...
apa itu?
mending searching google aja banyak artikelnya kalo  tulis disni panjang...
intinya penyakit diabetes ini ternyata dampaknya besar bisa berujung pada kematian...





saat ngobrol sama bu ida aku langsung kepikiran mama..
mama kena diabetes juga... bahkan dulu  tahun 2011 sempat di opname di Rumah Sakit
ibu kena diabetes kering sejak aku masih SMA,  berat badan ibu turun drastis...
yang awalnya gendut banget kini jadi sangat kurus... ini disebatkan karena penyakit diabates..
orang yang terkena penyakit ini harus mengontrol makanannya ga bisa ngasal makan.. makanannya semua serba rebusan.. dan hindari makanan yang memiliki kadar gula tinggi...

dampak lain dari penyakit diabates ini bisa macam-macam...
ada yang kena penyakit katarak, ada yang kena kolesterol, darah tingi, bahkan stroke...
ada lagi penyakit diabetes basah.. nah biasanya orang yang kena ini terlihat badannya gemuk tapi tidak sehat bila ada luka maka susah sembuh karena di lukanya tiak bisa kering disebabkan penyakitgula darahnya...
dan akibat fatalnya bisa meninggal dunia...

itu yang terjadi ke tanteku kakaknya mama, tahun 2011 menjelang ke tahun 2012 kemarin beliau dipanggil Allah...
penyakitnya itu karena ada luka dikaki dan tidak bisa sembuh karena gula darahnya yang tinggi...

dan aku baru tau juga kakek aku, bapaknya mama punya penyakit diabates...

dan kemarin aku dapat telpon dari mama, kalu paman aku, kakanya mama yang pertama  sekarang sedang drop di RS penyakitnya juga sama diabates...

dan aku baru tau juga ternyata penyakit ini turunan dan penyakit ini adalah penyakit yang tidak bisa sembuh.. tapi bisa dijaga dan dicontrol agar gula darahnya selalu normal...
normalnya gula darah untuk orang dewasa itu sekitar 200an...itu berarti normal bila berlebih maka itu bahaya dan bila kurang itu lebih bahaya juga, 

aku agak was-was dengan penyakit satu ini...
dan mulai dari sekarang mulai menjaga asupan makanan jangan sembarang makan
dan kurangi makanan yang memiliki kadar gula tinggi...
apalgi tuh teh manis, es teh manis, pokoknya makanan yang serba manis...

tapi aku malah suka sama makanan yang manis-manis malah...
itulah susahnya menahan napsu makan...
apalagi kalo udah liat brownies coklat, kue-kue, mmm menggoda..
tapi harus dijaga... tak apa sesekali makan, tapi jangan berlebih... ya atur saja bila hari ini sudah makan makanan yang banyak gulanya besok jangan kurangi yang bergula...

pintar-pintar kita saja... mengatur pola makan...
dan emang sih umur 20an belum bisa terlihat dampak penyakit ini...tapi bila umur sudah masuk sekitaran 45an++ itu biasanya mulai datang penyakit ini..

buat kamu readers yang merasa ada teman sahabat, kerabat, keluarga atau kamu sendiri tolong dijaga mulai dari sekarang...atur pola makan,
banyak berolaraga minimal sehari itu ada jalan kaki 30menit dan seminggu sekali lari pagi atau semacamnya yang penting badan gerak dan mengeluarkan keringat...
perbanyak makan sayuran..
dan yang paling penting perbanyak minum air putih itu wajib...
pas bangun tidur minum air putih yang banyak ...

ayooo kita mulai hidup sehat dari sekarang..
Bismillah...
semoga Allah selalu memberikan kesehatan kepada kita, ^_^



~C~
10 mei 2013


0 comments:

Posting Komentar